Analisis Fenomenologi Motivasi Berwirausaha pada Kegiatan Car Free Day di Kota Tenggarong

  • Ajeng Prasetya Anggraini Universitas Mulawarman
  • Vitria Puri Rahayu Universitas Mulawarman
  • Reza Reza Universitas Mulawarman
  • Ratna Fitri Astuti Universitas Mulawarman
Keywords: Motivasi Berwirausaha, Car Free Day

Abstract

Kegiatan wirausaha di Car Free Day Kota Tenggarong mencerminkan bentuk adaptasi ekonomi yang unik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam motivasi yang mendorong keterlibatan pelaku usaha dalam kegiatan wirausaha di Car Free Day Kota Tenggarong. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi, penelitian ini mengkaji pengalaman subyektif pelaku usaha melalui wawancara mendalam dengan 15 informan utama serta 5 informan pendukung, yaitu kerabat atau teman pelaku usaha, yang dipilih secara purposive sampling . Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi pelaku usaha terbentuk dari pengalaman pribadi dan kebutuhan yang terus berkembang, baik dalam hal finansial maupun aktualisasi diri. Proses belajar secara otodidak dalam mengembangkan keterampilan usaha, mencoba inovasi produk dan teknologi, menjadi bagian penting dari perjalanan wirausaha. Ruang publik seperti Car Free Day dipandang sebagai tempat yang mendukung, dengan lokasi strategis, rasa aman, serta bebas dari tekanan biaya sewa yang sering menjadi kendala di tempat lain. Keterlibatan keluarga juga menjadi faktor pendukung penting, baik dalam operasional maupun moral. Secara keseluruhan, motivasi berwirausaha pada kegiatan Car Free Day di Kota Tenggarong tumbuh dari beragam pengalaman dan dorongan pribadi yang mendorong pelaku usaha untuk terus berkembang dan tetap aktif. Dukungan lingkungan sekitar, seperti suasana yang kondusif, interaksi sosial yang hangat, dan inspirasi dari teladan terdekat, juga menyuburkan proses ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-10
How to Cite
Anggraini, A., Rahayu, V., Reza, R., & Astuti, R. (2025). Analisis Fenomenologi Motivasi Berwirausaha pada Kegiatan Car Free Day di Kota Tenggarong. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Bisnis Digital, 4(2), 379-390. https://doi.org/10.37676/jambd.v4i2.8785
Section
Articles