The Influence Of Product Quality, Price Perception, And Promotion On Purchase Decisions In Micro Small Medium Business (Case Study on Traditional Culinary Consumers of Mangkuak Badeta Souvenirs from Pesisir Selatan)

  • Yozi Putri Sakinah Universitas Adzkia
  • Silvianilova Silvianilova Universitas Adzkia
Keywords: Kualitas produk, Kualitas Produk, Promosi

Abstract

Kualitas produk merupakan salah satu faktor penentu keputusan pembelian konsumen. Selain itu, persepsi harga dan promosi juga mampu mempengaruhi keputusan pembelian seorang konsumen. Tujuan  penelitian  ini adalah untuk mengetahui kualitas produk, persepsi harga dan promosi  terhadap keputusan pembelian pada usaha mikro kecil menengah kuliner tradisional mangkuak badeta. Sampel dalam penelitian ini 85 responden yang pernah melakukan pembelian pada kue tradisional mangkuak badeta. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji determinasi dan uji hipotesis.Hasil regresi berganda menunjukkan arah regresi yang positif dengan persamaan Y =10.448 + 0,454X1 + 0,095X2 +0,244 X3 + e. Kualitas Produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada Mangkuak badeta oleh-oleh pesisir selatan  karena nilai signifikan sebesar 0,000 kecil dari 0,05. Hal ini menggambarkan semakin meningkat kualitas produk maka keputusan pembelian juga akan semakin meningkat.  Persepsi harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelianpada Mangkuak badeta oleh-oleh pesisir selatan karena nilai signifikan sebesar 0,033 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menggambarkan bahwa semakin meningkat persepsi harga maka kualitas produk juga akan semakin meningkat. Promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada Mangkuak badeta oleh-oleh pesisir selatan karena nilai signifikan sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menggambarkan bahwa semakin meningkat promosi maka kualitas produk juga akan semakin meningkat kualitas produk, persepsi harga, dan promosi  pengaruh secara simultan yang signifikan terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Lebong karena nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-14
How to Cite
Sakinah, Y., & Silvianilova, S. (2023). The Influence Of Product Quality, Price Perception, And Promotion On Purchase Decisions In Micro Small Medium Business (Case Study on Traditional Culinary Consumers of Mangkuak Badeta Souvenirs from Pesisir Selatan). Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Bisnis Digital, 2(2), 275–288. https://doi.org/10.37676/jambd.v2i2.4466
Section
Articles