The Influence Of Product Quality, Brand Image On The Purchase Decision Of Honda Scoopy With Buying Interest As An Intervening Variable At PT Hayati Pratama Mandiri Of Dharmasraya Regency

  • Yolanda Desti Universitas Adzkia
  • Desi Rosalina Universitas Adzkia
Keywords: Kualitas Produk, Citra Merek, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Abstract

Kualitas produk merupakan salah satu faktor penentu keputusan pembelian. Selain itu, citra merek juga mampu mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Tujuan  penelitian  ini adalah untuk mengetahui kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian Honda Scoopy dengan minat beli sebagai variable intervening pada PT Hayati Pratama Mandiri Kab. Dharmasraya. Sampel dalam penelitian ini 94 konsumen yang mengambil sepeda motor pada PT Hayati Pratama Mandiri Kab. Dharmasraya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, analisis path, uji determinasi dan uji hipotesis.Hasil regresi berganda menunjukkan arah regresi yang positif dengan persamaan Z = 0,353X1+ 0,359X2 + e1 dan Y = 0,543X1 +0,182X2+0,404Z + e2. Kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli Honda Scoopy pada PT. Hayati Pratama Mandiri Kab. Dharmasraya Citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli Honda Scoopy  pada PT. Hayati Pratama Mandiri Kab. Dharmasraya. Kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Scoopy  pada PT. Hayati Pratama Mandiri Kab. Dharmasraya. Citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Scoopy  pada PT. Hayati Pratama Mandiri Kab. Dharmasraya. Minat beli memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Scoopy  pada PT. Hayati Pratama Mandiri Kab. Dharmasraya. Kualitas Produk mempunyai  pengaruh  yang tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Scoopy dengan minat beli sebagai variabel intervening pada PT Hayati Pratama Mandiri Kab. Dharmasraya. Dengan nilai pengaruh langsung sebesar 0,294 lebih besar dari nilai pengaruh tidak langsung sebesar 0,142, artinya kualitas produk terhadap keputusan pembelian tidak dimediasi oleh minat beli. Citra merek mempunyai  pengaruh  yang signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Scoopy dengan minat beli sebagai variabel intervening pada PT Hayati Pratama Mandiri Kab. Dharmasraya. Dengan nilai pengaruh langsung sebesar 0,033 lebih kecil dari nilai pengaruh tidak langsung sebesar 0,145, artinya citra merek terhadap keputusan pembelian dimediasi oleh minat beli.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-14
How to Cite
Desti, Y., & Rosalina, D. (2023). The Influence Of Product Quality, Brand Image On The Purchase Decision Of Honda Scoopy With Buying Interest As An Intervening Variable At PT Hayati Pratama Mandiri Of Dharmasraya Regency. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Bisnis Digital, 2(2), 229–246. https://doi.org/10.37676/jambd.v2i2.4401
Section
Articles