EFEKTIVITAS MEDIA KARBON AKTIF KULIT DURIAN TERHADAP PERUBAHAN PARAMETER PH, FE DAN MN AIR SUMUR GALI

  • ANDRIANA MARWANTO POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • SRI MULYATI POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • RIANG ADEKO POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
Keywords: Karbon Aktif Kulit Durian, Air Sumur Gali, Parameter Fe dan Mn

Abstract

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki fungsi sangat penting bagi kehidupan manusia. Saat ini masyarakat masih banyak menggunakan sumur gali sebagai sumber persediaan air bersih, tetapi sumur gali sekarang banyak yang sudah tercemar dan mengalami penurunan kualitas sehingga dapat menyebabkan air sumur tersebut tidak memenuhi persyaratan. Salah satu cara pengolahan air bersih dapat dilakukan dengan proses adsorbs oleh media arang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karbon aktif kulit durian terhadap penurunan parameter Fe dan Mn air sumur gali. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah quasi experiment, dengan rancangan penelitian pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah air sumur gali. Air sampel dialirkan ke rangkaian alat filtrasi dengan media absorban karbon aktif kulit durian. Pembuatan karbon aktif kulit durian dilakukan dengan cara karbonisasi pada suhu sekitar 400 derajat celcius selama 1 jam. Kemudian dilakukan perendaman dengan H2SO4 15%  selama 24 jam Untuk proses aktivasi kimia. Hasil penelitian diketahui rata-rata kadar Fe dan Mn sebelum proses penambahan media karbonaktif sebesar 0,145 mg/l dan 0,032 mg/l Setelah perlakuan pada media karbon aktif kulit durian dengan aktivasi H2SO4 sebesar 0,062 mg/l dan0,020 mg/l. Kesimpulan persentase penurunan parameter Fe air sumur gali pada media karbon aktif kulit durian sebesar 57% dan 36 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmadi, Khayan, Kasjono H.S. 2011. Teknologi Pengolahan Air Minum. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Chandra B, 2012. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC

Indarto. 2014. Hidrologi Dasar Teori Dan Contoh Aplikasi Hidrologi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Indarti Trisetyani, J. S. (2014). Penurunan Kadar Fe dan Mn pada Air Sumur Gali dengan Aerasi Gelembung Udara di Desa Siding Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban. Jurnal Teknik Waktu, 12, 35–42. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/wa k tu/article/view/822

Purwono, &Karbito. (2013). Pengolahan Air Sumur Gali Menggunakan Saringan Pasir Bertekanan (Presure Sand Filter) untuk Menurunkan Kadar Besi (Fe) dan Mangan (Mn) (Studi Kasus di Desa Banjar Negoro Kecamatan Wonosobo Tanggamus). Jurnal Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Tanjung karang, 4 (1), 305–314.

Mulyono, P., Kusuma, W.P. (2010). Kinetika Adsorpsi Phenol Dalam Air dengan Arang Tempurung Kelapa. Forum Teknik, 33(2).

Rivania, D.S. (2018). Model Kesetimbangan Adsorpsi Logam Tembaga (Cu (II)) Menggunakan Cangkang Kepiting sebagai Adsorben. Jom FTEKNIK. 5(2), 2

Kusnaedi, K. (2010). Mengolah Air Kotor untuk Air Minum. RinekaCipta. Jakarta.

Masyithah, C., Aritonag, B. dan Gultom, E. (2018). Pembuatan Arang Aktif dari Limbah Kulit Durian sebagai Adsorben pada Minyak Goreng Bekas untuk Menurunkan Kadar Asam Lemak Bebas dan Bilangan Peroksida. Jurnal Kimia Saintek dan Pendidikan, 2(2), 66-75.

Zarkasi, K., Moelyaningrum, A.D. dan Ningrum, P.T. (2018). Penggunaan Arang Aktif Kulit Durian (DurioZibethinus) Terhadap Tingkat Adsorpsi Kromium (Cr6+) pada Limbah Batik. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 5(2).

Maibang, S.R. (2015). Efektivitas Briket Kulit Durian dalam Mereduksi Kadar Besi (Fe) Air Sumur di Perumahan Milala Kelurahan Lau Cih Kecamatan Medan Tuntungan. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Jevon, J. dan Aristo, P.B. (2018). Potensi Arang Aktif dari Kulit Buah Durian dengan Aktivator NaOH Sebagai Penjernih Air Sumur. Jurnal Biologi dan Teknobiologi, 3(3), 117-124.

Barrow, G.M., (2009). Physical Chemistry, 4th ed, Mc Graw Hill Internasional Book Company, Tokyo

Wahyuni, I., dan Fathoni, R., 2019. Pembuatan Karbon Aktif Dari Cangkang Kelapa Sawit Dengan Variasi Waktu Aktivasi. Jurnal Chemurgy, 3(1), 11-14

Syauqiah, I.S., Amalia, M.A. danKartini, H.A. (2011). Analisis Variasi Waktu dan Kecepatan Pengeduk pada Proses Adsorpsi Limbah Logam Berat dengan Arang Aktif. Jurnal Info Teknik, 12(1).

Bahtiar, A., Faryuni, I.D., Wahyuni, D. (2014). AdsorbsiLogam Fe Menggunakan Adsorben Karbon Kulit Durian Teraktivasi Larutan Kalium Hidroksida. PRISMA FISIKA, Vol. III, No. 01 (2015), Hal.05 - 08

Published
2024-04-27
How to Cite
MARWANTO, A., MULYATI, S., & ADEKO, R. (2024). EFEKTIVITAS MEDIA KARBON AKTIF KULIT DURIAN TERHADAP PERUBAHAN PARAMETER PH, FE DAN MN AIR SUMUR GALI. Journal of Nursing and Public Health, 12(1), 1-5. https://doi.org/10.37676/jnph.v11i2.5997
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)