ANALISIS JARAK MONITOR KOMPUTER, PENCAHAYAAN RUANG KELELAHAN KERJA DAN MATA PADA PEKERJA DESAIN PENCETAKAN GRAFIS DI WILAYAH KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU

  • REFLIS REFLIS
  • HAIDINA ALI POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • MUSTOPA RAMDHON
  • SATRIA UTAMA
  • RIANG ADEKO POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • UMMI JAYANTI
  • AFIRMANSYAH AFIRMANSYAH
  • ZAINAL ARIFIN
  • HAYATULAH RAMADAN FITRI
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Tindakan dan Penggunaan Kembali (Reuse) kantong plastik

Abstract

Kantong plastik telah menjadi bagian hidup manusia dan sulit di pisahkan. Penggunaan kantong plastik yang terus-menerus akan berdampak terhadap pencemaran lingkungan karena kantong plastik membutuhkan waktu kurang lebih 80-200 tahun agar terdegradasi secara sempurna. Kurangnya pengetahuan terhadap penggunaan kantong plastik ini memengaruhi sikap ibu rumah tangga dalam menggunakan kantong plastik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan, sikap dan Tindakan Masyarakat dengan Penggunaan Kembali (Reuse) Kantong Plastik di Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 100 ibu rumah tangga. Hasil distribusi frekuensi dari 100 responden tingkat pengetahuan sebagian kecil responden (17,0%) memiliki pengetahuan kurang, tingkat sikap sebagian kecil responden (24,0) memiliki sikap unfavorable, dan tingkat tindakan hampir sebagian kecil responden (27,0%) memiliki tindakan tidak baik. Ada hubungan antara pengetahuan, sikap dan tindakan dengan ρ value 0,037, 0,015, dan 0,038. Diharapkan untuk ibu rumah tangga lebih meningkatkan penggunaan kembali kantong plastik agar jumlah sampah kantong plastik tidak semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyo, H. (2008). Ilmu Kesehatan. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Hana, Liliana. 2008, Tinjauan Tingkat Pencahayaan dan Keadaan Visual Display Terkait Keluhan Subyektif Kelelahan Mata Pada Pekerja Yang Menggunakan Komputer Di Ruangan Kantor PT. Bridgestone Tire Indonesia Bekasi Plant Bulan Desember Tahun 2008. Universitas Indonesia. Depok.
Nourmayanti, Dian. (2010). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Kelelahan Mata pada Pekerja Pengguna Komputer di Corporate Customer Care Center (C4) PT. Telekomunikasi Indonesia. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.
Setiawan, Iwan. 2012. “Analisis Hubungan Faktor Karakteristik Pekerja, Durasi Kerja, Alat Kerja, dan Tingkat Pencahayaan dengan Keluhan Subjektif Kelelahan Mata Pada Pengguna Komputer di PT. Surveyor Indonesia Tahun 2012. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia, Depok.
Supriadi, F. (2008). Faktor-Faktor yang Berkaitan dengan Kelelahan Mata pada Karyawan Bagian Administrasi di PT. Indonesia Power UBP Semarang. Jurnal AAOHN. Thorofare. Volume 53.hal.566.
Thandung, D., Lintong, F. & Supit, W. (2013).Tingkat Radiasi Elektromagnetik Beberapa Komputer dan Pengaruhnya Terhadap Keluhan Kesehatan.Volume 1, Nomor 2,hal. 1.
Published
2023-05-20
How to Cite
REFLIS, R., ALI, H., RAMDHON, M., UTAMA, S., ADEKO, R., JAYANTI, U., AFIRMANSYAH, A., ARIFIN, Z., & FITRI, H. (2023). ANALISIS JARAK MONITOR KOMPUTER, PENCAHAYAAN RUANG KELELAHAN KERJA DAN MATA PADA PEKERJA DESAIN PENCETAKAN GRAFIS DI WILAYAH KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU. Journal of Nursing and Public Health, 11(1), 266-271. https://doi.org/10.37676/jnph.v11i1.4135
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)