Pelatihan Pengelolaan Pariwisata Di Desa Binaan UNIVED Untuk Pencapaian Optimalisasi Wisata Air terjun Tri Sakti Desa Belitar Seberang. Kabupaten Rejang Lebong.Bengkulu.

  • Suswati Nasution Universitas Dehasen Bengkulu
  • Ermy Wijaya Universitas Dehasen Bengkulu
  • Anzori Anzori Universitas Dehasen Bengkulu
  • Ikbal Wahyudi Universitas Dehasen Bengkulu
  • Rico Hasadungan Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Pelatihan, Pengelolaan, Pariwisata

Abstract

Salah satu daya tarik pariwisata  terletak pada keunggulan sarana dan prasarana serta memiliki keunikan yang membedakannya dengan objek wisata lain, hal ini menjadi  bagian daya jual ketika mempromosikan objek wisata tersebut, agar objek wisata air terjun Trisakti dapat berkembang dan berkelanjutan, maka salah satu upaya perangkat desa sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam pengelolaan objek wisata harus mengupayakan sistem pengelolaan pariwisata yang baik dan unggul agar tujuan optimalisasi wisata air terjun berkembang pesat dan semakin menjadi objek wisata andalan Kabupaten rejang Lebong. lebih dikenal masyarakat secara Lokal, Nasional bahkan Mancanegara. Pengelolaan pariwisata sendiri bertujuan agar semua aset-aset wisata yang ada dikawasan wisata air terjun Tri Sakti dapat lebih dioptimalkan fungsinya seperti fasilitas kantin, taman bermain anak, perkebunan di sekitar lokasi wisata yang merupakan pemandangan indah saat wisatawan memasuki kawasan wisata air terjun Tri Sakti.

Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong merupakan salah satu desa binaan Universitas Dehasen Bengkulu ( UNIVED ) yang memiliki objek wisata air terjun yang sangat indah, air terjun dingin dan panas.Untuk air terjun dingin namanya Tri sakti ( disebut air terjun laki-laki ) dan air terjun panas namanya Puspa Dewi ( disebut air terjun perempuan ). Pengabdian rutin diadakan oleh UNIVED. Dimana salah satu bentuk pengabdian yang diberikan adalah pembelajaran tentang pengelolaan pariwisata. Pentingnya pengelolaan pariwisata mengingat objek wisata Tri Sakti sangat indah dan menakjubkan tetapi dari segi pengelolaan masih perlu ditingkatkan. Mulai dari akses jalan menuju lokasi wisata, sampai  kepada  lokasi inti yang masih membutuhkan banyak fasilitas sarana dan prasarana penunjang pariwisata, hal ini tidak dapat diabaikan  mengingat  Desa Belitar Seberang adalahi salah satu desa wisata terbaik dari 50 Desa Wisata yang ada di Indonesia.

Kata Kunci : Pelatihan, Pengelolaan, Pariwisata

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-09
How to Cite
Nasution, S., Wijaya, E., Anzori, A., Wahyudi, I., & Hasadungan, R. (2023). Pelatihan Pengelolaan Pariwisata Di Desa Binaan UNIVED Untuk Pencapaian Optimalisasi Wisata Air terjun Tri Sakti Desa Belitar Seberang. Kabupaten Rejang Lebong.Bengkulu. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(2), 193–200. https://doi.org/10.37676/jdun.v2i2.4308
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>