Assesmen Tingkat Partisipasi Peternak Dalam Kegiatan Inseminasi Buatan Di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu

  • Yossie Yumiati Universitas Dehasen Bengkulu
  • Heri Dwi Putranto
  • Eva Ramalia Sari

Abstract

Tingkat kesuksesan penerapan program Inseminasi Buatan (IB) yang masih belum maksimal dikarenakan masih adanya sikap petani/ peternak yang belum mengetahui program IB secara menyeluruh dan belum bisa menerima program tersebut. Selain itu besaran assesmen dari tingkat partisipasi peternak dapat dilihat dari tingkat partisipasi dalam perencanaan, tingkat partisipasi dalam pelaksanaan dan tingkat partisipasi dalam pemanfaatan hasil.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  besaran assesmen tingkat partisipasi peternak dalam kegiatan Inseminasi Buatan. Penelitian  telah dilaksanakan pada bulan Mei- Juli 2016 di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Adapun responden terpilih secara acak (simpel random sampling) sebanyak 77 orang. Data yang diperoleh baik data primer atau sekunder dianlisa secara kualitatif dan kuantitatif.  Metode analisa  data yang digunakan untuk melihat besarnya assesmen tingkat partisipasi antara variabel dependen (Y) dan independen (X) dilakukan analisis regresi berganda dengan program statistik computer costat versi 9.00.

Berdasarkan hasil pengamatan dan hasil analisis regresi yang dilakukan maka dapat diperoleh hasil bahwa besaran assesmen tingkat pertisipasi yang mempengaruhi secara nyata dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan inseminasi buatan adalah umur peternak dan jumlah ternak potong yang dimiliki responden. Berdasarkan hasil perhitungan koefisen determinasi (r2) hanya memberikan sumbangan sebesar 0,1958 dari variabel independen terhadap variabel dependen. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan koefisen korelasi (r), variabel independen dari karakteristik responden terhadap variabel dependen tingkat partisipasi ini mempunyai hubungan yang lemah sampai dengan sedang, karena hanya sebesar 0,4425 masih jauh dari 1.

 

Kata Kunci: Assesmen tingkat partisipasi, peternak sapi potong, kegiatan IB

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yossie Yumiati, Universitas Dehasen Bengkulu

Fakultas Pertanian

Published
2018-07-18
How to Cite
Yumiati, Y., Putranto, H., & Sari, E. (2018). Assesmen Tingkat Partisipasi Peternak Dalam Kegiatan Inseminasi Buatan Di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. AGRITEPA: Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pertanian, 4(1), 176 - 186. https://doi.org/10.37676/agritepa.v4i1.596
Section
Article Reasearch