Pengaruh Cuaca Terhadap Perilaku Belanja Konsumen Minimarket: Studi Pada Minimarket Indomaret

  • Ahmad Abdurrahim Universitas Islam Indonesia
  • Arif Hartono Department of Management, Faculty of Business and Economic, Universitas Islam Indonesia
Keywords: Sunny, Rainy, Cloudy Weather, Temperature Air Quality

Abstract

Prediksi perilaku konsumen pada perusahaan ritel bertujuan untuk menghadapi tantangan perubahan perilaku belanja, sehingga industri ritel perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen. Perusahaan ritel menghadapi banyak faktor yang tidak pasti, salah satunya adalah cuaca. Tujuan penelitian ini adalah: untuk menguji pengaruh cuaca cerah, hujan, berawan, suhu, kualitas udara terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Toko Minimarket Indomaret yang berlokasi di Kota Jakarta. Cuaca cerah, hujan, berawan, suhu dan kualitas udara sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis data primer. Kuesioner berskala likert digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik pengambilan sampel adalah convenience sampling. Sampel penelitian ini berupa konsumen minimarket Indomaret berjumlah 150 orang.   Uji regresi linier berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cuaca cerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Cuaca hujan, berawan, suhu dan kualitas udara berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-25
How to Cite
Abdurrahim, A., & Hartono, A. (2022). Pengaruh Cuaca Terhadap Perilaku Belanja Konsumen Minimarket: Studi Pada Minimarket Indomaret. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 1109–1122. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2649
Section
Articles