Perbandingan Harga Saham dan Volume Transaksi Saham Sebelum dan Sesudah Pengumuman Nasional Kasus Covid-19 (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan di Bursa Efek Indonesia)

  • Yusmaniarti Yusmaniarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Selly Sepika Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Furqonti Ranidiah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Budi Astuti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ummul Khair Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: Harga Saham, Volume Transaksi Saham, Pengumuman Nasional Kasus Covid-19

Abstract

Kasus COVID-19 pertama kali di Indonesia diumumkan pada 2 Maret 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi perbedaan yang signifikan dari harga saham dan volume transaksi saham karena adanya pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan di Bursa Efek Indonesia). Data penelitian ini diambil selama 6 bulan sebelum dan 6 bulan sesudah diumumkannya kasus pertama COVID-19 di Indonesia. Data diolah dengan Uji Wilcoxon Sign Rank Test, dengan menggunakan SPSS versi 21. Dari hasil pengolah data, menunjukkan terjadi perbedaan signifikan pada harga saham sebelum dan sesudah diumumkannya kasus pertama COVID-19 di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0.000 < 0,05. Dimana harga saham mengalami penurunan dibandingkan sebelum adanya kasus COVID-19. Sedangkan untuk volume transaksi saham juga menunjukkan perbedaan yang signifikan. Dimana nilai signifikasinnya 0,091 < 0,05. Volume transaksi saham sesudah pengumuman kasus COVID-19 menunjukkan nilai yang meningkat.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-19
How to Cite
Yusmaniarti, Y., Sepika, S., Ranidiah, F., Astuti, B., & Khair, U. (2022). Perbandingan Harga Saham dan Volume Transaksi Saham Sebelum dan Sesudah Pengumuman Nasional Kasus Covid-19 (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan di Bursa Efek Indonesia). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 357–372. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i1.1533
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)