Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang Dimoderasi Corporate Social Responsibility

  • Yusmaniarti Yusmaniarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ahmad Sumarlan Universitas Muhammdiyah Bengkulu
  • Budi Astuti Universitas Muhammdiyah Bengkulu
  • Nurul Azizah Ananda Universitas Muhammdiyah Bengkulu
Keywords: Ukuran perusahaan, struktur modal, corporate social responsibility

Abstract

Dalam menentukan keputusan berinvestasi investor akan mempertimbangkan nilai perusahaan. Kesejahteraan para investor akan meningkat seiring dengan peningkatan nilai perusahaan, sehingga investor menginginkan para manajer untuk meningkatkan laba agar dividen yang didapatkan oleh investor kian meningkat dan menambah kesejahteraanya sehingga meningkatkan nilai perusahaan. Perusahaan yang bernilai tinggi maka akan bereputasi baik dan menarik perhatian para investor, sehingga perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan nilai perusahaanya. Penelitian ini merumuskan masalah apakah ukuran perusahaan dan struktur modal berpengaruh terhadap nilai perusahaan, serta apakah CSR mampu untuk memoderasi variabel dependen dan variabel independen. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis data sekunder. Populasi ialah seluruh perusahaan asuransi yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2018-2020. Teknik pengambilan sampel purposive sampling, dengan kriteria-kriteria tertentu sehingga terpilih 15 sampel perusahaan yang menjadi sampel pada penelitian ini. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi dengan mengunjungi website (www.idx.co.id). Teknik analisis data menggunakan smartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan,struktur modal berpengaruh negatif signifikan terhadap nilaii perusahaan, CSR tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, CSR tidak mampu untuk memoderasi ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dan secara simultan variabel independen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, W., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis (1st ed.). Penerbit Andi.
Amelia, N. A., & Anwar, S. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Laba, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 13(01). https://doi.org/10.30868/ad.v6i01.1863
Amro, P. Z. N., & Asyik, N. F. (2019). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi.
Ardimas, W., Ekonomi, F., & Gunadarma, U. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank. BENEFIT Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 18, 57–66. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i2.547
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Dasar - Dasar Manajemen Keuangan (Y. Setyaningsih (ed.); 14th ed.). Salemba Empat.
Chasanah, A. N. (2019). Pengaruh Rasio Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2015-2017. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 39–47.
Chumaidah, & Priyadi, M. P. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 7(3), 1–20.
Dewi, N. P. G. K., Endiana, I. D. M., & Pramesti, I. G. A. A. (2021). PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017-2019. 3(2), 57–67.
Ernawati, D., & Widyawati, D. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol., 4(4).
Febriansyah, E., Yulinda, A. T., Safrida, L., & Hamdani. (2020). Teori Investasi Dan Manajemen Portofolio. Madenatera.
Funawati, R., & Kurnia. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(11), 1–22.
Hardian, A. P., & Asyik, N. F. (2016). Kinerja Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan, CSR Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(9), 1–16.
Israel, C., Mangantar, M., & Saerang, I. S. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Institusional Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1118–1127.
Karundeng, F., Nangoi, G. B., & Karamoy, H. (2017). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas, Kepemilikan Manajemen dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta tahun 2012-2016). Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “Goodwill,” 8(2), 1–10. https://doi.org/10.35800/jjs.v8i2.16901
Maha Dewi, D. A. I. Y., & Sudiartha, G. M. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(4), 2222–2252.
Mukti, A. H., & Winarso, B. S. (2020). Profitabilitas Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Variabel Corporate Social Responsibility Sebagai Moderasi. Jurnal REKSA: Rekayasa Keuangan, Syariah Dan Audit, 7(2), 73.
Ningrum, U. N., & Asandimitra, N. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan, Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Gcg Dan Csr Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Peringkat Pertama Ara, Isra Dan Peringkat Emas Proper Yang Listing Di Bei Periode 2011-2015. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(3), 1–14.
Pristianingrum, N. (2017). Pengaruh Ukuran, Profitabilitas, dan Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Snaper Ebis, 2017, 353–364.
Rohaeni, N., Hidayat, A., & Nuraeni, Y. S. (2020). Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Logam dan Sejenisnya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017. Lèktoras, 2(01), 35–54.
Sandi, Z. E. (2019). Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan Dan Nilai Perusahaan: Dimoderasi Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA).
Sari, C. M., Idrus, S. AL, & Yuliana, I. (2018). Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility ( CSR ) Sebagai Variabel Moderating. Islamic Econoomics Quotient, 1(1), 5–17.
Sari, R. A. I., & Priyadi, M. . (2016). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Size, Dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 5(10).
Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4th ed.). BPFE- Yogyakarta.
Setiawan, K., Novitasari, N. L. G., & Widhiastuti, N. L. P. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Kharisma, 3(1), 302–312.
Setiawan, M. R., Susanti, N., & Nugraha, N. M. (2019). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 17(1), 66.
Sofiamira, N. A., & Haryono, N. A. (2017). Capital Expenditure, Leverage, Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility: Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(2), 191. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i2.691
Widyantari, N., & Yadnya, I. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Baverage. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(12), 253483.
Yuniastri, N. P. A., Endiana, I. D. M., & Kumalasari, P. D. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Deviden, Keputusan Investasi, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019. KARMA: Karya Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(1), 69–79.
Yusmaniarti, Yusmaniarti, A. B. (2020). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance , Independensi Auditor Dan Kualitas Audit Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 10(1), 50–67.
Yusmaniarti, A. S., Khair, U., & Ratnawili, M. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan , Solvabilitas Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Indonesia Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 145–160. https://doi.org/
Published
2023-01-20
How to Cite
Yusmaniarti, Y., Sumarlan, A., Astuti, B., & Ananda, N. (2023). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang Dimoderasi Corporate Social Responsibility. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 641 -. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3300
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)