Penggunaan Aplikasi Belajar Duolingo untuk Belajar Bahasa Inggris

  • Ami Pradana Universitas Dehasen Bengkulu
  • Dhanu Ario Putra Universitas Dehasen Bengkulu
  • Muhammad Nadhif Alzuhdi Universitas Dehasen Bengkulu
  • Aget Pramana Universitas Dehasen Bengkulu

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan ini merupakan kegiatan pendampingan kepada siswa-siswa bagaimana cara pemanfaatan dan penggunaan aplikasi belajar duolingo dalam belajar bahasa inggris di SMA N 9 Seluma. Sekolah ini terletak di Jalan lintas Bengkulu-Seluma. Secara umum sekolah yang terakreditasi A ini telah memiliki sarana dan prasarana yang memadai serta sistem dan tata kelola yang baik. Namun perlu ditingkatkan literasi siswa terutama dalam bahasa asing. Pembelajaran bahasa Inggris diampu oleh dua orang guru untuk semua kelas dari kelas X sd. XII. Sementara kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Merdeka untuk kelas X dan XI, K13 untuk kelas XII. Kemampuan berbahasa Inggris siswa, motivasi belajar siswa terutama dalam mata pelajaran bahasa inggris tergolong rendah menurut pengakuan guru bahasa Inggris setempat. Kegiatan ini  bertujuan meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa melalui aplikasi belajar duolingo. Hasil evaluasi menunjukkan pencapaian positif, termasuk peningkatan pemahaman siswa, kreativitas dalam produk akhir, dan keterlibatan yang lebih tinggi dalam pembelajaran. Dengan perbaikan ini, kegiatan ini dapat menjadi landasan efektif untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa dalam bahasa inggris dan mempersiapkan mereka menghadapi tuntutan literasi di masa depan.

Kata Kunci: duolingo, aplikasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-10
How to Cite
Pradana, A., Putra, D., Alzuhdi, M., & Pramana, A. (2024). Penggunaan Aplikasi Belajar Duolingo untuk Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 3(2), 205–208. https://doi.org/10.37676/jdun.v3i2.6307
Section
Articles