ANALISIS MIKROBIOLOGI AIR HASIL OLAHAN PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG (DAMIU) DI WILAYAH PUSKESMAS PADANG SERAI KOTA BENGKULU

  • HAIDINA ALI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTRIAN KESEHATAN BENGKULU, PROGRAM STUDI DIII SANITASI, JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN
Keywords: Air, Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU), Kualitas Mikrobiologi

Abstract

Air sangat berarti untuk berlangsungnya proses fisiologis manusia dan metabolism sel. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan juga gaya hidup manusia yang semakin dinamis serta serba instan, sebagian besar masyarakat lebih memilih air minum yang siap di konsumsi. Diketahui mikrobiologi air hasil olahan pada depot air minum isi ulang (DAMIU) di wilayah puskesmas padang serai kota bengkulu. Metode penelitian ini bersifat deskriptif yaitu ingin mengetahui kondisi suatu masalah yang hasilnya dapat digambarkan mengenai adanya total bakteri coliform dan E.Coli. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada 3 DAMIU yang tidak memenuhi syarat mikrobiologi yang meliputi total bakteri coliform dan E.coli, hasil pemeriksaan secara Hygiene Sanitasi Terdapat 3 DAMIU yang tidak memenuhi syarat dari 7 DAMIU yang di Periksa. Diharapkan pemilik Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) untuk mengganti peralatan seperti Mikro Filter minimal 3 Bulan sekali agar air yang di hasilkan tidak tercemar oleh bakteri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdilanov,D., Dkk, (2012). Pelaksanaan Penyelenggaraan Higiene Sanitasi Dan Pemeriksaan Kualitas Air Minum Pada Depot Air Minum Isi Ulang Di Kota Padang Tahun 2012.
Andrian G. Bambang., dkk (2014). Analisis cemaran bakteri coliform dan identifikasi Escherichia coli pada air isi ulang dari depot di kota manado. Pharmacon. Vol. 3 no. 3, Manado
Apriliana, Dkk, (2014). Bacteriological Quality Of Refill Drinking Water Depots In Bandar Lampung. Depkes RI, (2010) Permenkes RI No. 492/MENKES/PER/IV/2010. Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. Depkes RI, Jakarta.
Fitri Mairizki, (2017). Analisis Higiene Sanitasi Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) Disekitar Universitas Islam Riau. Jurnal Endurance, Pekanbaru, Riau, Indonesia.
Gabriela F. Sual, jurnal kedokteran komunitas dan tropik : volume iv nomor 1 februari 2016, gambaran mikrobiologi air minum dari depot isi ulang di kecamatan ranoyapo
Karame M, Dkk, (2014). Hubungan Anatara Higiene Sanitasi Depot Air Minum Isi Ulang Dengan Kualitas Bacteriologis Pada Air Minum Di Kelurahan Bailing Dan Molas Kota Manado.
Made Sudiana, dkk., (2020). Analisis Cemaran Bakteri Coliform Dan Eschericia Coli Pada Depot Air Minum Isi Ulang. Jurnal Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi Volume 20 Nomor 1. Bali Maganada Hiaranya Putri, Dkk, 2017. Mikrobiologi. Jakarta Selatan
Makmur Selomo, Dkk, (2018). Hygiene Dan Sanitasi Depot Air Minum Isi Ulang Di Kecamatan Cempalagian Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan, ISSN; 2621-6507. Polewali Mandar.
Nita Rosita, (2014). Analisis Kualitas Air Minum Isi Ulang Beberapa Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) Di Tenggerang Selatan. Jurnal Kimia Valensi, ISSN : 1978-8193. Tanggerang.
Prihatini, Dkk, (2012). Kualitas Air Minum Isi Ulang Pada Depot Air Minum Diwilayah Kabupaten Bogor Tahun 2008- 2011, Skripsi, UI.
Purba, (2011). Pelaksanaan Penyelenggaraan Hygiene Sanitasi Depot Di Kecamatan Medan Johor, Skripsi, Universitas Sumatra Utara, Medan.
Putra, Dkk, (2012). Analisis Mutu Air Minum Isi Ulang Dikecamtan Kuta Selatan, Bali. Balu: Universitas Udayana.
Ronny, Syam,D. (2015). Studi Kondisi Sanitasi Dengan Kualitas Bakteriologis Depot Air Minum Isi Ulang Di Kecamatan Panakkukang Kota Makasar. Higiene, 2 (2), 81-90.
Riski B tombeng, Dkk., (2013). Analisis kualitatif kandungan Escherichia coli dan coliform pada 3 depot air minum isi ulang di kota manado. Manado.
Suprihatin B, (2008). Higiene Sanitasi Depot Air Minum Isi Ulang Di Kecamatan Tanjung Radep Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Jurnal Kesehatan Lingkungan, Volume 4 (No. 2), 81-88.
Published
2023-10-19
How to Cite
ALI, H. (2023). ANALISIS MIKROBIOLOGI AIR HASIL OLAHAN PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG (DAMIU) DI WILAYAH PUSKESMAS PADANG SERAI KOTA BENGKULU. Journal of Nursing and Public Health, 11(2), 615-620. https://doi.org/10.37676/jnph.v11i2.5235
Section
Articles