FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA/I KEPERAWATAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA, MEDAN

  • SISKA EVI MARTINA UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA
  • EVA HOTMARIA SIMANJUNTAK UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA
  • NETTI MEILANI SIMANJUNTAK UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA
Keywords: google classroom; keperawatan; motivasi belajar

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan internet ini sangat pesat sehingga, bukan hanya mempengaruhi produk elektronik saja, melainkan juga dalam dunia pendidikan terutama dalam metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran online yang saat ini sedang berkembang dan mulai digunakan adalah google classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan mahasiswa, cita-cita dan asprisai, semangat belajar mahasiswa, kondisi lingkungan mahasiswa dengan motivasi belajar dengan google classroom. Menggunakan desain Analitik observasional dengan menggunakan pendekatan crossectional. Sebanyak 75 sampel pada penelitiaan ini didapat dari teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pengetahuan mahasiswa, cita-cita dan asprisai, semangat belajar mahasiswa, kondisi lingkungan mahasiswa dengan motivasi belajar dengan google classroom di peroleh nilai p = 0,000< 0.05. p =0,000< 0,05. p = 0,000< 0,05. p = 0,001< 0,05. Maka dari itu, institusi pendidikan dapat memberikan arahan dan bimbingan tentang pembelajaran berbasis online khususnya mahasiswa yang jarak tempuh jauh dari kampus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

JNPH
Published
2020-11-07
How to Cite
MARTINA, S., SIMANJUNTAK, E., & SIMANJUNTAK, N. (2020). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA/I KEPERAWATAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA, MEDAN. Journal of Nursing and Public Health, 8(2), 71-78. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jnph/article/view/1189
Section
Articles