The Influence of Influencers on Consumer Purchase Intention on the Instagram Social Media Platform
Abstract
Endorsement merupakan salah satu jenis pemasaran yang menggunakan influencer untuk mengiklankan suatu produk atau layanan dengan memanfaatkan ketenaran dalam sebuah platform media sosial. Penelitian ini menganalisis pengaruh sumber komunikasi, kredibilitas dan daya tarik terhadap nilai iklan dan sikap konsumen yang pada akhirnya mempengaruhi niat pembelian. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu teknik convenience sampling dengan menyebarkan kuesioner melalui google form kepada 180 responden yang memiliki kriteria berusia 16 tahun ke atas dan merupakan pengguna platform Instagram yang mengikuti akun Fadil Jaidi. Lebih lanjut, penelitian ini melakukan pengolahan data dengan menggunakan aplikasi SPSS dan PLS-SEM (SmartPLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber komunikasi, kredibilitas dan daya tarik berpengaruh signifikan terhadap nilai iklan dan sikap konsmuen. Kemudian, nilai iklan dan sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap niat beli.
Downloads
Copyright (c) 2024 Ardi Wahyu Wibowo, Arif Hartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.