The Influence of Influencers on Consumer Purchase Intention on the Instagram Social Media Platform

  • Ardi Wahyu Wibowo Universitas Islam Indonesia
  • Arif Hartono Universitas Islam Indonesia
Keywords: Influencer, Platform, Instagram

Abstract

Endorsement merupakan salah satu jenis pemasaran yang menggunakan influencer untuk mengiklankan suatu produk atau layanan dengan memanfaatkan ketenaran dalam sebuah platform media sosial. Penelitian ini menganalisis pengaruh sumber komunikasi, kredibilitas dan daya tarik terhadap nilai iklan dan sikap konsumen yang pada akhirnya mempengaruhi niat pembelian. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu teknik convenience sampling dengan menyebarkan kuesioner melalui google form kepada 180 responden yang memiliki kriteria berusia 16 tahun ke atas dan merupakan pengguna platform Instagram yang mengikuti akun Fadil Jaidi. Lebih lanjut, penelitian ini melakukan pengolahan data dengan menggunakan aplikasi SPSS dan PLS-SEM (SmartPLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber komunikasi, kredibilitas dan daya tarik berpengaruh signifikan terhadap nilai iklan dan sikap konsmuen. Kemudian, nilai iklan dan sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap niat beli.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-25
How to Cite
Wibowo, A., & Hartono, A. (2024). The Influence of Influencers on Consumer Purchase Intention on the Instagram Social Media Platform. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 1469 -. https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i1.4676
Section
Articles