Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) Online Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu

  • Supawanhar Supawanhar Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Ditasman Ditasman Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Amrullah Amrullah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Rudi Hartono Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Retno Jeny Silvana
Keywords: Community Satisfaction Index, Public Service, good governance.

Abstract

KTP elektronik (selanjutnya disingkat KTP-el) Tahun 2013 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Kependudukan adalah KTP yang dilengkapi dengan chip yang merupakan tanda pengenal resmi kependudukan sebagai alat bukti diri yang dikeluarkan oleh badan pelaksana. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bengkulu meluncurkan aplikasi Sistem Layanan Administrasi Warga Elektronik (SLAWE) pada Juni 2020. Pelayanan secara daring ditujukan agar masyrakat lebih mudah dalam pembuatan e-KTP tanpa memikirkan banyaknya biaya yang dikeluarkan dan juga lebih menghemat waktu dalam kata lain efektif dan efesien. Namun tidak dapat dibantah bahwa dalam pelayanan pembuatan e-KTP online masih ada kendala dan hambatan dalam hal kualitas pelayanan. Tujuan  penelitian  untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh DUKCAPIL  Kota Bengkulu yang berkitan dengan pelyanan pembuatan e-TKP online serta untuk mengetahui sejauh mana kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan. Metode  penelitian ini adalah survei dengan menyebarkan daftar pertanyaan terhadap responden penelitian. Tehnik pengambilan sampel yang dipergunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah masyarakat yang telah menbuat e-KTP secara online dengan menggunakan aplikasi SLAWE atau website resmi DUKCAPIL sebanyak 200 responden. Pengumpulan data dengan cara memberikan kuisioner kepada masyarakat yang telah menbuat e-KTP secara online dengan menggunakan aplikasi SLAWE atau website resmi DUKCAPIL. Nilai indeks kepuasan masyarakat diukur berdasarkan 14 unsur pelayanan. Metode pengolahan data dengan menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian pada pembuatan e-KTP online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu didapat nilai indeks kepuasan masyarakat sebesar 80,250/0 yang artinya kinerja pelayanan pembuatan e-KTP online di DUKCPIL kota Bengkulu dikategorikan baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-30
How to Cite
Supawanhar, S., Ditasman, D., Amrullah, A., Hartono, R., & Silvana, R. (2023). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) Online Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 1539–1548. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i2.4044
Section
Articles