Pengaruh Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Secara Online

  • Muhammad Nawawi STIE Trisna Negara
Keywords: E-commerce, Security, Trust, Transaction Eagerness

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan perilaku dan kebutuhan konsumen yang dikarenakan perkembangan teknologi dan arus informasi menjadikan lebih bertingkah laku praktis yang berarti konsumen membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam pemenuhan kebutuhannya. Hal ini menyebabkan terus berubahnya model e-commerce yang dikembangkan dengan pengemasan teknologi dan informasi yang lebih modern. Masyarakat secara umum menyebutkan bahwa e-commerce merupakan jawaban atas kecepatan dan ketepatan pemenuhan kebutuhan dimana e-commerce menawarkan salah satu keunggulan kompetitifnya yaitu menghapus konsep ruang dan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keamanan dan kepercayaan terhadap niat bertransaksi secara online di SHOPEE.co.id baik secara simultan maupun parsial serta mengetahui dan menganalisis variabel independen manakah yang berpengaruh dominan terhadap niat bertransaksi secara online di SHOPEE.co.id. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survei dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden. Tehnik pengambilan sampel tersebut diperoleh dengan menggunakan metode Accidental Sampling. Sumber data menggunakan data primer dan menggunakan data sekunder yaitu literatur dan internet. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis melalui bantuan program SPSS, yaitu: Analisis Regresi Linear. Dari hasil penelitian dengan langkah-langkah yang dijelaskan di atas diperoleh hasil bahwa berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F (simultan) maka dapat disimpulkan bahwa variabel keamanan dan kepercayaan memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel niat bertransaksi, kemudian hasil analisis uji t dapat disimpulkan variabel keamanan dan kepercayaan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel niat bertransaksi, dan berdasarkan hasil koefisien regresi (Standardized Coeffucients Beta) masing-masing, maka dapat ditemukan bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap niat bertransaksi secara online di SHOPEE.co.id adalah variabel keamanan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-18
How to Cite
Nawawi, M. (2022). Pengaruh Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Secara Online. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 214–222. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i1.1685
Section
Articles