Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • Veni Saputri Mahasiswa
  • Isni Andriana Universitas Sriwijaya
  • Fida Muthia Universitas Sriwijaya
Keywords: Struktur Modal, Perusahaan Pertambangan Return On Assets (ROA), Firm Size, Asset Structure, Debt to Equity Ratio (DER)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan (Size), dan struktur aset (Asset Structure) terhadap struktur modal (DER) pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapatkan melalui laporan keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 11 perusahaan sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Return On Asset (ROA) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Debt to Equity Ratio (DER), Asset Structure berpengaruh positif dan signifikan terhadap Debt to Equity Ratio (DER). Ukuran Perusahaan (Size) tidak berpengaruh signifikan terhadap Debt to Equity Ratio (DER).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-21
How to Cite
Saputri, V., Andriana, I., & Muthia, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 473–481. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i1.1672
Section
Articles