Kontribusi UMKM Sektor Pariwisata Pada Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung 2020

  • Defia Riski Anggarini Universitas Teknokrat Indonesia
Keywords: UMKM pariwisata; UMKM sektor hotel dan restoran, UMKM sektor akomodasi, komunikasi, dan pariwisata, tenaga kerja di sektor pariwisata dan pertumbuhan ekonomi (PDRB)

Abstract

Dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi diperlukan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Sektor pariwisata merupakan salah satu sector yang mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Salah satu pendorong sector pariwisata berkembang adalah keberadaan UMKM di kawasan wisata. Hal ini juga akan mendorong Peningkatan Pendapatan Asli Daeran (PAD) yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengaanalisis kontribusi UMKM sector pariwisata terhadap pengembangan wilayah Lampung. Dengan menggunakan analisis kuantitatif menggunakan SPSS 25.0 untuk mengetahui seberapa besar kontribusi UMKM sector pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah Lampung. Hasil penelitian menggambarkan bahwa kontribusi UMKM pada sector Hotel dan Restoran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung, kemudian kontribusi UMKM pada sector transportasi, akomodasi, komunikasi dan pariwisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung sedangkan tenaga kerja tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-21
How to Cite
Anggarini, D. (2021). Kontribusi UMKM Sektor Pariwisata Pada Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung 2020. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 345-355. https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i2.1462
Section
Articles