Persepsi Pengurus Badan Kemakmuran Masjid ( BKM) Terhadap Bank Syariah di Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu

  • Amir Mukadar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Khairul Bahrun Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hesti Setiorini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: Perception, BKM, Islamic Bank

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi  oleh  perkembangan perbankan syariah khususnya propinsi Bengkulu  dalam kurun waktu 3 tahun terakhir menunjukan pekembangan  yang  cukup baik, namun perkembangan  tersebut belum mambawa  pengaruh  yang signifikan terhadap perkembangan market share perbankan syariah jika melihat  jumlah  penduduk Indonesia  yang mayoritas  berpenduduk  muslim. Hadirnya bank syariah belum sepenuhnya kehadiran bisa  dimanfaatkan   oleh masyarakt  baik itu  secara priabadi, organisasi, kelembagaan, institusidan perusahaan, hal  ini  dikarenakan  adanya  persepsi  yang berbeda  dikalangan  masyarakat  terhadap  keberadaan bank syari’ah.

            penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perespsi BKM terhadap Bank Syariah di kecamatan Ratu Samban kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu berupa suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari orang-orang (subjek) itu sendiri.. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Ada tiga langkah pengolahan data kualitatif, yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing and verification). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Persepsi badan kemakmuran masjid terhadap bank syariah dari segi Kognitif (Kepercayaan) didapatkan sekitar  46%. Persepsi badan kemakmuran masjid terhadap bank syariah dari segi Afektif (Perasaan) didapatkan sekitar 65%. Persepsi badan kemakmuran masjid terhadap bank syariah dari segi Konatif (Tindakan) didapatkan sekitar 65% . 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Amir Mukadar, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Khairul Bahrun, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

References

Antonio, M. S. (2010). Bank Syari'ah Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani Press. Azwar, S. (1995). Teori Pembentukan Sikap dan Tabel Pengukurannya. Jakarta: Salemba. Daryanto. (1998). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Apollo.

Iska, S. (2012). Sistem Perbankan di Indonesia dalam Perspektif Fikih. Yogyakarta: Fajar Media Press.

Marliany, R. (2014). Psikologi Umum. CV. Pustaka Setia.

Rakhmat, J. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Saleh, A. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Pesspektif Islam. Jakarta: Kencana.

Suhelmi. (2006). Peran dan Fungsi Masjid di Indomesia. Jakarta: Lentera.

Thoha, M. (2012). Prilaku Organisasi Konsep Dasar dan Implikasinya. Jakarta: Rajawali

Pers.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: ANDI.

Published
2021-07-16
How to Cite
Mukadar, A., Bahrun, K., & Setiorini, H. (2021). Persepsi Pengurus Badan Kemakmuran Masjid ( BKM) Terhadap Bank Syariah di Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 221-230. https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i2.1337
Section
Articles