ANALISIS KARAKTERISTIK KUALITAS PRODUK PERBANKAN SYARIAH DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MASYARAKAT MENJADI NASABAH DI BANK BNI SYARIAH

  • Erwin Febriansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Fraternesi Fraternesi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ivosine Pratiwi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Peneltian ini mengkaji mengenai pengaruh kualitas produk,kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan  kepuasaan  dalam mempengaruh keputusan masyarakat menjadi nasabah di bank BNI syariah kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas produk terhadap keputusan menjadi nasabah, untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah, untuk menganalisis tingkat kepuasan terhdap keputsan menjadi nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei,yaitu penelitian yang mengumpulkan data langsung dari responden dengan menggunakan kuisoner dan item-item dari kuisoner biasanya berhubungan langsung dengan skala perilaku atau pendapat seseorang. Lokasi penelitian di Bank BNI Syariah Cabang kota Bengkulu yang beralamat di jalan jendral sudirman No. 41-43, Pintu Batu, Teluk Segara, kota Bengkulu.  Teknik pengumpulan data menggunakan  data primer dan data sekunder. Data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari nasabah yang memakai produk pada Bank BNI Syariah kota Bengkulu melalui penyebaran kuisoner. Sekunder adalah data yang dikumpulkan dari sumber-sumber dan literatur-literatur yang relevan dengan topik penelitian,dan menunjang data-data primer. hasil penelitian ini menunjukan, Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di bank BNI syariah . Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t menunjukkan nilai tsig0.002 ≤ 0,05. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di bank BNI syariah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t menunjukkan nilai tsig0.000 ≤ 0,05. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Tingkat kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di bank BNI Syariah pada calon nasabah pengguna produk bank BNI Syariah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t menunjukkan nilai tsig sebesar 0.008 ≤ 0.05. Ini berarti Ha diterima Ho ditolak.Dengan demikian, hipotesis penelitian yang telah dilakukan terbukti dinyatakan dengan adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel kualita sproduk, kualitas pelayaan, tingkat kepuasan  terhadap keputusan menjadi nasabah di bank BNI Syariah kota Bengkulu.

Kata Kunci : kualitas produk, kualitas pelayanan

 

ANALYSIS OF QUALITY CHARACTERISTICS OF SHARIA BANKING PRODUCTS IN AFFECTING COMMUNITY DECISION TO BECOME A CUSTOMER AT BNI SYARIAH BANK BENGKULU CITY 

ABSTRACT

This study examines the effect of product quality, service quality and satisfaction level of satisfaction in influencing the community's decision to become a customer at the BNI Syariah Bank of Bengkulu. The purpose of this study is to analyze the quality of the product to the decision to become a customer, to analyze the quality of service to the decision to become a customer, to analyze the level of satisfaction with the decision to become a customer. This type of research is survey research, namely research that collects data directly from respondents using questionnaires and items from questionnaires are usually directly related to the scale of a person's behavior or opinion. As for the research location on Jalan Sudirman No. 41-43, Pintu Batu, Teluk Segara, City of Bengkulu. data collection techniques using primary data and secondary data. Primary data, namely data obtained directly from customers who use products at Bank BNI Syariah Kota Bengkulu through questionnaire distribution. Secondary data is collected from sources and literature relevant to the research topic, and supports primary data. the results of this study indicate, product quality has a positive and significant effect on the decision to become a customer at BNI syariah bank. This is evidenced by the results of the t test showing the value of tsig0.002 ≤ 0.05. This means that Ha is accepted and Ho is rejected. Service quality has a positive and significant effect on the decision to become a customer at BNI syariah bank. This is evidenced by the results of the t test showing the value of tsig0,000 ≤ 0.05. This means that Ha is accepted and Ho is rejected. The level of satisfaction has a positive and significant effect on the decision to become a customer at BNI Syariah bank for prospective customers using BNI Syariah bank products. This is evidenced by the results of the t test showing the tsig value of 0.008 ≤ 0.05. This means that Ha is accepted by Ho.Thus, the research hypothesis that has been carried out is proven to be stated by the positive and significant influence between product quality variables, quality of service, level of satisfaction with the decision to become a customer in the BNI Syariah bank in Bengkulu city.


Keywords: product quality, service quality

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdel, Monal A, ”Assessing the Effectiveness of Banking Reform Endeavours on the performance of Egyptian Banks”, International Research Journal of Finance and Economics ISSN 1450-2887 Issue 41(2010), EuroJournals Publishing, 2010.

Adnan,Muhammad akhyar, dan faffikin.1997. the shariah Islamic banks and accounting concepts and partices.

Adnan,Muhammad akhyar, dan labatjo.irma H. 2006. Sejarah akuntansi dalam prepektif islam.

Ahmed Usman, Shujaat Farooq, Hafiz Hanzia Jalil, ”Efficency Dynamics and Financial Reforms: Case Study of Pakistani Bank”, International Research Journal of Finance and Economics ISSN 1450-2887 Issue 25 (2009), EuroJournals Publishing, 2009.

Andryani,Rian, “Analisis Efisiensi Industri Perbankan Syariah di Indonesia”, Institut Pertanian Bogor,2008.

Febriansyah, E., dan D. Wulandari. 2017. Implementasi Kredit dan Resikonya Pada Lembaga Keuangan Mikro. Jurnal Ilmiah Akuntansi Bilancia 1 (4): 396-407.

Kotler, dan keller. 2012. “kepuasan aslah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipresepsikan produk terhadap ekspetasi mereka.

ojk.go.id,”Perbankan”, Bank Umum, 8 Agustus 2020, <https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/Pages/Bank-Umum.aspx> [diakses pada 8 Agustus 2020]

Soenarmi .2011. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank syariah di Malang Surabaya. Universitas Wijaya Putra

Sugiyono. 2012. “Metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivism, digunakan untuk meneliti ada populasi dan sampel tertentu.

Tjiptpno. 2004. “Kepuasan pelanggan telah menjaadi konsep sentral dalam wancana bisnis dan manajemen”

Tjiptono,Fandy& Gregorius Chandra. 2005. Service Quality & Satisfaction. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Published
2021-01-10
How to Cite
Febriansyah, E., Fraternesi, F., & Pratiwi, I. (2021). ANALISIS KARAKTERISTIK KUALITAS PRODUK PERBANKAN SYARIAH DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MASYARAKAT MENJADI NASABAH DI BANK BNI SYARIAH. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 15-28. https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i1.1098
Section
Articles