HUBUNGAN DAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. HUTAMA TOUR DAN TRAVEL KOTA BENGKULU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan pada PT. Hutama Tour dan Travel Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang pelanggan yang melakukan studi tour pada PT. Hutama Tour dan Travel Kota Bengkulu pada tahun 2019. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah korelasi rank spearman dan pengujian hipotesis dengan uji t.
Hasil korelasi rank spearman menunjukkan hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan pada PT. Hutama Tour dan Travel Kota Bengkulu memiliki korelasi yang sangat kuat dengan nilai korelasi sebesar 0,864, ini berarti bahwa semakin baik kualitas pelayanan pada PT. Hutama Tour dan Travel Kota Bengkulu maka akan semakin tinggi pula loyalitas pelanggan pada PT. Hutama Tour dan Travel Kota Bengkulu. Hal ini diperkuat dengan hasil uji hipotesis bahwa thitung lebih besar dari ttabel (9,389 >1,697).
Downloads
Copyright (c) 2020 Tito Irawanto, Ida Ayu Made Er Meytha Gayatri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.