Hedonic Satisfaction Sebagai Konsekuensi dari Physical Attributes dan Scenery Taman Kota

  • Cevi Tri Kusumah Wardani Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Yadi Ernawadi
Keywords: Physical Attributes, Scenery, Eudaimonic Satisfaction, Hedonic Satisfaction

Abstract

Maksud dalam penelitian ini ialah menguji pengaruh urban park value terhadap hedonic satisfaction menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner dan jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 120 orang dengan kriteria warga Kota Bandung yang berpengalaman mengunjungi taman Kota Bandung dengan minimal usia 17 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu cross-sectional atau one shot study. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 25 dan menggunakan uji sobel.  Hasil uji hipotesis, dari tujuh hipotesis yang diusulkan terdapat lima hipotesis yang berhasil menolak H0. Dengan demikian physical attributes dan scenery ditemukan berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap hedonic satisfaction melalui eudaimonic satisfaction. Sementara penggunaan konsep lain untuk mempengaruhi hedonic satisfaction secara langsung dapat diusulkan oleh peneliti selanjutnya. Hasil penelitian ini juga bermanfaat bagi pihak pengelola objek yang dinilai dan industri ruang terbuka hijau yang sejenis terkait perancangan strategi yang relevan dengan peningkatan kualitas atribut tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armbrecht, J., & Andersson, T. D. (2019). The event experience, hedonic and eudaimonic satisfaction and subjective well-being among sport event participants. Journal of Policy Research in Tourism, Leisure and Events, 12(3), 457–477. https://doi.org/10.1080/19407963.2019.1695346
BPS. (2022). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/indicator/26/413/1/-metode-baru-indeks-pembangunan-manusia.html
Devismayasari, N., & Prasetyawan, Y. Y. (2015). Pemenuhan Kebutuhan Rekreasi Pemustaka Di Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kota Salatiga. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(3), 4–7. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9737
Eljaiek, D. R. O. (2008). Los espacios urbanos recreativos como herramienta de productividad. Revista Escuela de Administración de Negocios, 63, 107–126. https://doi.org/10.21158/01208160.n63.2008.446
Gagliardi, C., Pillemer, K., Gambella, E., Piccinini, F., & Fabbietti, P. (2020). Benefits for older people engaged in environmental volunteering and socializing activities in city parks: Preliminary results of a program in Italy. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(11). https://doi.org/10.3390/ijerph17113772
Henderson, L. W., Knight, T., & Richardson, B. (2013). An exploration of the well-being benefits of hedonic and eudaimonic behaviour. Journal of Positive Psychology, 8(4), 322–336. https://doi.org/10.1080/17439760.2013.803596
Kemendagri. (2007). Peraturan Menteri No. 1 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan. Penataan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan, 1–8.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (2008). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 05/PRT/M/2008 Tentang Pedoman Penyediaan Dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Di Kawasan Perkotaan.
Kim, D., & Jin, J. (2018). Does happiness data say urban parks are worth it? Landscape and Urban Planning, 178(October 2017), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.landurbplan.2018.05.010
Kotler, P., Haider, D., & Rein, I. (1993). Marketing Places: Attracting Investment, Industry, and Tourism to Cities, States and Nations. The Free Press.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & W. Hardani (eds.); 13 Jilid I). Erlangga.
Kusumastuti, A. E., & Kumalasari, R. A. (2017). Pengaruh Faktor Relatif dan Kontekstual Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen dengan Religiusitas Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Fashion Busana Muslim di Semarang). Jurnal EBBANK, 8(1), 1–16.
Lin, D., Sun, Y., Yang, Y., Han, Y., & Xu, C. (2022). Urban park use and self-reported physical, mental, and social health during the COVID-19 pandemic: An on-site survey in Beijing, China. Urban Forestry and Urban Greening, 79, 127804. https://doi.org/10.1016/j.ufug.2022.127804
Liu, R., & Xiao, J. (2021). Factors affecting users’ satisfaction with urban parks through online comments data: Evidence from Shenzhen, China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(1), 1–22. https://doi.org/10.3390/ijerph18010253
Maulidina, L., Harris, S., & Rejoni, R. (2020). Perancangan Gedung Inti Kebugaran Dan Kecantikan Di Jakarta Dengan Pendekatan Back To Nature. 379–380. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnaskkbarsi
Maurer, M., Zaval, L., Orlove, B., Moraga, V., & Culligan, P. (2021). More than nature: Linkages between well-being and greenspace influenced by a combination of elements of nature and non-nature in a New York City urban park. Urban Forestry and Urban Greening, 61, 127081. https://doi.org/10.1016/j.ufug.2021.127081
Paulina, P. D. (2018). Kajian Kesesuaian Fungsi Taman Kota Sebagai Ruang Terbuka Hijau (Studi Multisitus Pada Tiga Taman Kota di Kediri). Swara Bhumi, 5(6), 1–8.
Preacher, K. J., & Hayes, A. F. (2004). SPSS and SAS procedures for estimating indirect effects in simple mediation models. Behavior Research Methods, Instruments, & Computers, 36(4), 717–731. https://doi.org/10.1002/jcp.28952
Rambe, F. K., Nasution, A. D., & Pane, I. F. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Perubahan Atribut Fisik Pada Lapangan Merdeka Medan. Jurnal Pengembangan Kota, 9(1), 64–71. https://doi.org/10.14710/jpk.9.1.64-71
Rambe, U. K. (2020). Konsep Dan Sistem Nilai Dalam Persfektif Agama-Agama Besar Di Dunia. Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 2(1). https://doi.org/10.51900/alhikmah.v2i1.7608
Ratnafury, D. I. N., Rahmafitria, F., & Supriatna, U. (2018). Analisis Fungsi Rekreasi D Ruang Terbuja Hijau Kota Bandung (Studi Kasus: Taman Lansia dan Teras Cikapundung). Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i1.13283
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2001). On happiness and human potentials: A review of research on hedonic and eudaimonic well-being. Annual Review of Psychology, 52, 141–166. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.52.1.141
Saint-Onge, K., Coulombe, S., Philibert, M., Wiesztort, L., & Houle, J. (2022). How urban parks nurture eudaimonic and hedonic wellbeing: An explorative large scale qualitative study in Québec, Canada. Wellbeing, Space and Society, 3(July). https://doi.org/10.1016/j.wss.2022.100095
Schnell, I., Harel, N., & Mishori, D. (2019). The benefits of discrete visits in urban parks. Urban Forestry and Urban Greening, 41(March), 179–184. https://doi.org/10.1016/j.ufug.2019.03.019
Shams, K., & Kadow, A. (2021). Leisure-time and subjective well-being among park visitors in urban Pakistan: the mediating role of health satisfaction. SN Social Sciences, 1(6), 1–20. https://doi.org/10.1007/s43545-021-00168-9
Simons, G., & Baldwin, D. S. (2021). A critical review of the definition of ‘wellbeing’ for doctors and their patients in a post Covid-19 era. International Journal of Social Psychiatry, 67(8), 984–991. https://doi.org/10.1177/00207640211032259
Sirgy, M. J., & Samli, A. (1995). New Dimensions in Marketing/Quality of Life Research. Quorum Books.
Suherlan, H., & Prasmesti, B. (2017). Taman kota sebagai sarana rekreasi dan peningkatan kebahagiaan hidup (Studi kasus pada taman-taman tematik di kota Bandung). Jurnal Ilmiah Pariwisata, 22(2), 65–76.
Teja, M. (2015). Pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat di kawasan pesisir. Jurnal Aspirasi, 6(1), 63–76.
Triwahyuningsih, Y. (2017). Kajian Meta-Analisis Hubungan antara Self Esteem dan Kesejahteraan Psikologis. Buletin Psikologi, 25(1), 26–35. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.9382
Tumanggor, R. (2016). Perbedaan Antara Pendekatan Hedonis Dan Eudaimonis Atas Quality Of Life: Kajian Filosofis (Prosiding Forum Ilmiah Psikologi Indonensia 23-27 Agustus 2016 Fak. Psikologi Universitas Tarumanagara Jakarta, 341-354). Prosiding Forum Ilmiah Psikologi Indonesia 23-27 Agustus 2016 Fak Psikologi Univ Tarumanagara Jakarta, June, 341–354.
Van den Berg, L., Klaassen, L. H., & Van der Meer, J. (1990). Marketing Metropolitan Regions. Euricur.
Waterman, A. S., Schwartz, S. J., & Conti, R. (2008). The implications of two conceptions of happiness (hedonic enjoyment and eudaimonia) for the understanding of intrinsic motivation. Journal of Happiness Studies, 9(1), 41–79. https://doi.org/10.1007/s10902-006-9020-7
Wibisono, Y. (2008). Pengelolaan Lanskap dan Pemeliharaan Taman Kota 1 di BSD Citi, Tanggerang. Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.
Published
2023-07-29
How to Cite
Wardani, C., & Ernawadi, Y. (2023). Hedonic Satisfaction Sebagai Konsekuensi dari Physical Attributes dan Scenery Taman Kota. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 1305–1316. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i2.3727
Section
Articles