Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus Pada Pengguna Produk Johnson’s Baby Di Desa Rantau Kasai Kecamatan Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang)

  • Zulaiha Zulaiha Institut Teknologi Dan Bisnis Lembah Dempo
  • Laili Dimyati ITBis Lembah Dempo Pagar Alam
Keywords: Product Attributes, Purchase Decision.

Abstract

This study aims to determine whether there is influence of product attributes on purchasing decisions. This study uses associative research with a quantitative approach. There are two variables used in this study, namely Product Attributes (X) and Purchase Decision (Y). The sample used in this study was 75 respondents using simple linear statistical analysis techniques and saturated sampling techniques. Sampling was carried out on respondents who used Johnson's Baby products. The results of the simple linear regression analysis test in this study indicate that product attributes have a positive effect on purchasing decisions. It can be seen from the results of simple regression analysis, namely: Y = 18,658 + 0,711 where the constant value is 18,658. The value of the product attribute regression coefficient has a positive influence, which means that if the product attribute increases by one unit, then the purchase decision will increase by 0.711 units. Product attributes have a significant effect on the decision to purchase Johnson's Baby products in Rantau Kasai Village.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid kedua. Edisi ketigabelas. Alih Bahasa:Bob Sabran. Jakarta:Erlangga.
Lamb, Charles W., Joseph F. Hair, dan Carl McDaniel. 2001. Pemasaran. Buku satu. Edisi Pertama. Alih Bahasa:David Octarevia. Jakarta:Salemba Empat
Simamora, Bilson. 2003. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Cetakan kedua. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.
Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi ketujuh. Cetakan keempat. Jakarta:PT Indeks
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid kesatu. Edisi keduabelas. Alih Bahasa:Bob Sabran. Jakarta: Erlangga
Ferrinadewi Erna. 2016. “Atribut Produk Yang Dipertimbangkan dalam Pembelian Kosmetik dan Pengaruhnya pada Kepuasan Konsumen di Surabaya”.Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 7, No. 2, September 2016.
Ginting, F. Hartimbul Nembah. 2011:95. Pemasaran.
Kusmayasari, Kumadji Srikandi dan Kusumawati Andriani. 2016. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Green Product(Survei pada Konsumen Sariayu Martha Tilaar yang Tergabung dalam Followers Official Account Twitter @Sariayu_MT)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 16 No. 1 September 2016| administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id 2.
Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran jilid 1 edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Situmorang Irwanty. 2017“Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s Pada Remaja Di Kota Pekanbaru”.JOM Fekon, Vol. 4 No. 1 (Februari) 2017.
Modul belajar SPSS Besral, FKM UI, 2010 pdf.
Noorsifa Inge Ashardianty dan Rubiyanti Nurafni.2016. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen The Body Shop Bandung)”. e-Proceeding of Management : Vol.3, No.2 Agustus 2016.
Pedoman Penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembah Dempo 2019-2020.
Rahmadhani Evi. 2017. “Pengaruh atribut produk halal terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswa-mahasiswi departemen ilmu administrasi niaga/bisnis”. Jurnal Administrasi Bisnis Volume 4, Nomor 3 (Maret) 2017.
Riyantama, Rauhanda, 26 Juli 2018, “Penjelasan BPOM Terkait Kasus Bedak Bayi Johnson yang Picu Kanker”, diambil 28 Februari 2020 dari https://m.himedik.com.
Sari Oktaviana Dwi, Widiartanto dan Listyorini Sari. 2015 “Pengaruh Atribut Produk, Celebrity Endorser Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi S-1 Fisip Undip)”.volume 4 Nomor 3 tahun 2015.
Sugiyono.2015. Metode Penelitian. Bandung : Alfabet
Sugiyono.2016.Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode).Bandung: Alfabet.
www.images.app.goo.gl/6RTjbEzmvC7N6GVg6. diakses pada 24 Juni 2020
www.johnsonsbaby.co.id. Diakses pada Juli 2020.
www.junaidichaniago.wordpress.com. diakses pada juli 2020
www.lumutkerak.wordpress.com. Diakses pada Juli 2020
www.mybaby.co.id. diambil pada tanggal 08 februari 2020.
www.spssindonesia.com. Diakses pada Juli 2021.
Published
2023-01-31
How to Cite
Zulaiha, Z., & Dimyati, L. (2023). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus Pada Pengguna Produk Johnson’s Baby Di Desa Rantau Kasai Kecamatan Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1005-1014. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3287
Section
Articles