PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI PELUANG USAHA OLEH UMKM DI WILAYAH PERBATASAN

  • Veneranda Rini Hapsari Institut Shanti Bhuana
  • Usman Usman Usman
  • Yeremia Niaga Atlantika
Keywords: Pemanfaatan, digital marketing, UMKM, Daerah Perbatasan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan digital marketing pada volume penjualan bagi para pelaku usaha di wilayah perbatasan Kabupaten Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data penelitian yang diperoleh baik berupa data primer yakni observasi, wawancara maupun dokumentasi serta data sekunder berupa studi literatur, jurnal dan data pendukung lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan adanya digital marketing mempermudah pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan bagi pelaku UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almubaroq, M. N. K., & Mufreni, S. L. (2021). Penerapan Strategi Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi Di Instagram Pada Umkm (Studi Kasus Cv. Satoeasa Untuk Indonesia). Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2, 214–218. https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.129
Anggraeni Dwi Feni, Hardjanto Imam, H. A. (n.d.). Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang. 1(6), 1286–1295.
Basry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). IKRA-ITH INFORMATIKA : Jurnal Komputer Dan Informatika, 2(3), 53–60. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/266
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Lubis, T. A., & Junaidi, J. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 3(3), 163–174. https://doi.org/10.22437/ppd.v3i3.3535
Manggu, B., & Beni, S. (2019). PELAKSANAAN e-MAR KETING USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) SEBAGAI STRAGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS UMKM DI KOTA BENGKAYANG KALIMANTAN BARAT. Sebatik, 23(2), 455–461. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.798
Sudiar, S. (2015). Pembangunan Wilayah Perbatasan Negara: Gambaran Tentang Strategi Pengelolaan Kawasan Perbatasan Darat di Provinsi Kalimantan Utara. Jurnal Administrative Reform, 3(4), 489–500.
Published
2023-01-19
How to Cite
Hapsari, V., Usman, U., & Atlantika, Y. (2023). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI PELUANG USAHA OLEH UMKM DI WILAYAH PERBATASAN. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 495–500. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3187
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)