Pengaruh Brand Community terhadap Loyalitas pada Grup Musik Korea Pop melalui Normative Community Pressure sebagai Variabel Mediasi
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk megetahui pengaruh Brand Community terhadap loyalitas grup musik Korea Pop dengan mediasi Normative Community Pressure. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota komunitas grup musik BTS atau yang dapat disebut dengan ARMY. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebesar 100 responden dimana responden tersebut adalah penduduk yang tinggal di Surabaya. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan metode pengambilan data yang dilakukan adalah melalui penyebaran kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis PLS (Partial Least Square) yang diolah menggunakan software smartPLS 3.0. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah diketahui bahwa Brand Community yang terdiri atas Kesadaran Bersama, Ritual dan Tradisi, dan Tanggung Jawab Moral berpengaruh secara signifikan terhadap Normative Community Pressure. Kesadaran Bersama dan Normative Community Pressure berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Merek. Sedangkan Ritual dan Tradisi dan Tanggung Jawab Moral berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas Merek.
Downloads
References
Aji, A., Fauzi, A., & Fanani, D. (2015). PENGARUH KOMUNITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS (Survei Pada Anggota Komunitas Motor Honda Tiger Neo_Gat’s Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 104–111.
Algesheimer, R., Dholakia, U. M. dan Herrmann, A. (2005). The Social Influence of Brand Community: Evidence from European Car Clubs. Journal of Marketing, 69, 19–34
Bagozzi, R.P. and Dholakia, U.D. (2006), “Antecedents and purchase consequences of customer participation in small group brand communities”, International Journal of Research in Marketing, Vol. 23 No. 1, pp. 45-61.
Istijanto, 2005. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, Plus 36 Topik Riset Pemasaran Siap Terap. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Kibtiyah, Mariyatul. (2017). Pengaruh Brand Community terhadap Loyalitas Merek Mobil Suzuki Ertiga (Study Kasus pada Klub Mobil Suzuki Ertiga ERCI Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadyah Jember.
Lindawati and Indrianawati Usman and Sri Wahyuni Astuti (2019) Anticipating normative community pressure in brand community: a study of young entrepreneurs community of Bank Mandiri. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 22 (1). pp. 137-146. ISSN 2087-3735, e-ISSN: 2088-785X
Mardiono, M., Tricahyono, D. (2015). PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP BRAND LOYALTY (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS NAKED WOLVES INDONESIA). e-Proceeding of Management : Vol.2, No.3 Desember 2015 | Page 2354.
Muniz and O’ Guinn, 2001, Brand Community, JOURNAL OF CONSUMER RESEARCH, Oxford Univercity Press, Vol. 27 No. 4.
Nihayati, Arina (2021). “10 Negara Paling Banyak ARMY BTS, Fans ARMY Indonesia Terbanyak? ”https://sragenupdate.pikiran rakyat.com/entertaiment/pr1842275881/10-negara-paling-banyak-army bts-fans-army-indonesia. Diakses pada 1 Oktober 2021
Rosdiana, P. (2018). Loyalitas Merek Komunitas Pendaki Gunung: Pengaruh Relasi Merek dan Identifikasi Komunitas dengan Mediasi Keterikatan dan Tekanan Normatif [Brand Loyalty among the Mountain Hiker Community. Journal Communication Spectrum, 8(2), 208-231.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta Sugihartati, Rahma, 2017. Budaya Popular dan Subkultur Anak Muda. Surabaya : Airlangga University Press
Copyright (c) 2022 Risca Kusuma Dewi, Nurul Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.