Pengaruh Brand Community terhadap Loyalitas pada Grup Musik Korea Pop melalui Normative Community Pressure sebagai Variabel Mediasi

  • Risca Kusuma Dewi program studi ilmu administrasi bisnis, Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Nurul Azizah Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Brand Community, Shared Awareness, Rituals and Traditions, Moral Responsibility, Normative Community Pressure, Brand Loyalty

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk megetahui pengaruh Brand Community terhadap loyalitas grup musik Korea Pop dengan mediasi Normative Community Pressure. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota komunitas grup musik BTS atau yang dapat disebut dengan ARMY. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebesar 100 responden dimana responden tersebut adalah penduduk yang tinggal di Surabaya.  Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan metode pengambilan data yang dilakukan adalah melalui penyebaran kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis PLS (Partial Least Square) yang diolah menggunakan software smartPLS 3.0. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah diketahui bahwa Brand Community yang terdiri atas Kesadaran Bersama, Ritual dan Tradisi, dan Tanggung Jawab Moral berpengaruh secara signifikan terhadap Normative Community Pressure. Kesadaran Bersama dan Normative Community Pressure berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Merek. Sedangkan Ritual dan Tradisi dan Tanggung Jawab Moral berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas Merek.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlin, Alfathri. (2006). Resistensi Gaya Hidup: Teori dan Realitas. Yogyakarta: Jalasutra.
Aji, A., Fauzi, A., & Fanani, D. (2015). PENGARUH KOMUNITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS (Survei Pada Anggota Komunitas Motor Honda Tiger Neo_Gat’s Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 104–111.
Algesheimer, R., Dholakia, U. M. dan Herrmann, A. (2005). The Social Influence of Brand Community: Evidence from European Car Clubs. Journal of Marketing, 69, 19–34
Bagozzi, R.P. and Dholakia, U.D. (2006), “Antecedents and purchase consequences of customer participation in small group brand communities”, International Journal of Research in Marketing, Vol. 23 No. 1, pp. 45-61.
Istijanto, 2005. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, Plus 36 Topik Riset Pemasaran Siap Terap. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Kibtiyah, Mariyatul. (2017). Pengaruh Brand Community terhadap Loyalitas Merek Mobil Suzuki Ertiga (Study Kasus pada Klub Mobil Suzuki Ertiga ERCI Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadyah Jember.
Lindawati and Indrianawati Usman and Sri Wahyuni Astuti (2019) Anticipating normative community pressure in brand community: a study of young entrepreneurs community of Bank Mandiri. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 22 (1). pp. 137-146. ISSN 2087-3735, e-ISSN: 2088-785X
Mardiono, M., Tricahyono, D. (2015). PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP BRAND LOYALTY (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS NAKED WOLVES INDONESIA). e-Proceeding of Management : Vol.2, No.3 Desember 2015 | Page 2354.
Muniz and O’ Guinn, 2001, Brand Community, JOURNAL OF CONSUMER RESEARCH, Oxford Univercity Press, Vol. 27 No. 4.
Nihayati, Arina (2021). “10 Negara Paling Banyak ARMY BTS, Fans ARMY Indonesia Terbanyak? ”https://sragenupdate.pikiran rakyat.com/entertaiment/pr1842275881/10-negara-paling-banyak-army bts-fans-army-indonesia. Diakses pada 1 Oktober 2021
Rosdiana, P. (2018). Loyalitas Merek Komunitas Pendaki Gunung: Pengaruh Relasi Merek dan Identifikasi Komunitas dengan Mediasi Keterikatan dan Tekanan Normatif [Brand Loyalty among the Mountain Hiker Community. Journal Communication Spectrum, 8(2), 208-231.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta Sugihartati, Rahma, 2017. Budaya Popular dan Subkultur Anak Muda. Surabaya : Airlangga University Press
Published
2022-07-25
How to Cite
Dewi, R., & Azizah, N. (2022). Pengaruh Brand Community terhadap Loyalitas pada Grup Musik Korea Pop melalui Normative Community Pressure sebagai Variabel Mediasi. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 1081–1090. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2527
Section
Articles