Strategi Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kualitas Bimbingan Ibadah Haji (Studi Kasus Di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan)

  • Yuhadi Yuhadi Program Studi Manajemen Haji dan Umroh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Asnaini Asnaini Fatmawati Sukarno State Islamic University Bengkulu
  • Yunida Een Fryanti Fatmawati Sukarno State Islamic University Bengkulu
Keywords: Excellent Service Strategy, Quality of Hajj Guidance, KBIH

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pelayanan prima dalam meningkatkan kualitas bimbingan ibadah haji secara praktis maupun emosional, untuk menuntut kembali tatanan penyelenggaraan ibadah haji agar efektif dan efisien. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan  dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelayanan prima dalam meningkatkan kualitas bimbingan ibadah haji di KBIH Makrifatul Ilmi cukup baik dilihat dari konsep strategi pelayanan prima yang diterapkan yang meliputi: kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan dan tanggungjawab. Kemudian implementasi strategi pelayanan prima dan evaluasi strategi pelayanan KBIH Makrifatul Ilmi sudah termasuk kepada excellent servis. Karena dengan upaya memberikan pelayanan yang baik diharapkan jamaah haji merasa puas sehingga dapat memberitahu kepada orang lain tentang kualitas bimbingan yang dilakukan pihak KBIH Makrifatul Ilmi terhadap jamaah. Proses pelaksanaan pemberian pelayanan pun dapat terlihat baik yakni dilihat dari pemberian pelayanan prima yang ada di KBIH Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-25
How to Cite
Yuhadi, Y., Asnaini, A., & Fryanti, Y. (2022). Strategi Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kualitas Bimbingan Ibadah Haji (Studi Kasus Di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 1067–1080. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2506
Section
Articles