The Faktor Penentu E-Satisfaction Pelanggan Millenial Ritel Online Di Era Pandemi Covid 19
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara variabel e-service quality dan product quality terhadap e-satisfaction pada pelanggan millenial toko ritel online di era pandemic saat ini. Menggunakan metode simple random sampling, peneliti berhasil mengumpulkan responden sebanyak 123 responden yang ikut berperan serta dalam penelitian ini. Sampel diambil dari kelompok millenial yang sudah menjadi pelanggan toko ritel online.
Dengan menggunakan SPSS 20, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen e-service quality dan product quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel e-satisfaction, dengan ditunjukkan oleh nilai f-hitung sebesar 48,495 dengan taraf signifikansi 0,000. Persamaan yang dihasilkan adalah Y = 0,311 X1 + 0,409 X2 + ρyε. Secara parsial, variabel service quality dan variabel product quality berpengaruh secara langsung terhadap variabel e-satisfaction, yang ditunjukkan oleh nilai t-hitung masing-masing hubungan adalah 3,223 dan 4.245, dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel service quality dan variabel product quality berpengaruh terhadap variabel e-satisfaction sebesar 44,5 %, sedang sisanya 55,4 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
Copyright (c) 2022 Maisaroh Maisaroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.