Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Lazada (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Langsa)

  • Khairatun Hisan IAIN Langsa
  • Khairatunnisa Rizkia Institut Agama Islam Negeri Langsa
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Keputusan Pembelian

Abstract

Lazada Indonesia merupakan top online retailer di Indonesia, Tujuan dari perusahaan ini adalah menjadi salah satu belanja online yang paling top dan utama di Indonesia serta memberikan pelayanan kepada konsumen secara maksimal. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap keputusan Pembelian melalui situs Online Shop Lazada pada masyarakat Kota Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dimana pengujian dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji t. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Langsa yang membeli di situs Online Shop Lazada, dengan sampel 45 responden. Hasil dari penelitian ini adalah variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian di situs online Lazada pada masyarakat Kota Langsa. Dimana thitung (3,159) > t tabel (2,0180) dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 artinya signifikan, variabel kepercayaan merek tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian di situs online Lazada pada masyarakat Kota Langsa. Dimana thitung (-0,918) < ttabel (2,0180) dengan nilai signifikansi 0,364 > 0,05 artinya tidak signifikan, Serta variabel independen kualitas pealayanan dan kepercayaan merek secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian di situs Online Lazada pada masyarakat Kota Langsa. Dimana Fhitung (5,782)> F tabel (3,2199) dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 artinya signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achjari, Didi Potensi Manfaat dan Problem e-commerce (Yogyakarta: UGM, 2000)

Ghozali, Imam Aplikasi Anaisis Multivariate dengan Program SPSS, (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro, 2006)

Juliandi, Azuar dan Irfan, Metodologi Penelitian Kuantitatif, (Medan: Perdana Mulya Saran, 2013)

Kotler, Philip dan Keller, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Prehlindo, 2012)

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, “Manajemen Pemasaran, edisi ketigabelas, jilid I, (Jakarta : Erlangga, 2009)

Machfoedz, Mahmud, Pengantar Bisnis Modern (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2007)

Moenir, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)

Rahmi, Dian Kamus Pelajar (Jakarta: Media Utama, 2017)

Santoso, Singgih “Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik", (Jakarta: PT. Elex Media Compotindo, 2000)

Sidharta, Iwan. dan Sidh, Rahmawati. Pengukuran Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Sikap serta Dampaknya atas Penggunaan Ulang Online Shopping pada E- Commerce. Jurnal Computer dan Bisnis

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D Cet. Ke-19, (Bandung: Alfabeta, 2013)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD (Bandung: Alfabetha, 2009) Swastha, Basu, dan T. Hani Handoko, Manajemen Penjualan, (Yogyakarta, Liberty, 2011)

Published
2021-07-18
How to Cite
Hisan, K., & Rizkia, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Lazada (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Langsa). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 255-262. https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i2.1370
Section
Articles