PENGARUH POINT OF PURCHASE (POP) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN DI PT. MATAHARI DEPARTMENT STORE KOTA BENGKULU
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh In Store Media , Signane dan Display terhadap keputusan pemebelian produk pakaian di PT. Matahari Department Store. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif,populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PT. Matahari Department Store Kota Bengkulu yang berjumlah 120 orang. Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi , kuesioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu Uji Regresi Linear Berganda. Hasil Penelitian menunjukan In Store Media berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Pakaian di PT. Matahari Department Store Kota Bengkulu, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t menunjukan nilai thit >tα /2 (8.193 >1.9840) dan (sig α = 0,000 < 0,050). Signane berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Pakaian di PT. Matahari Department Store Kota Bengkulu, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t menunjukan nilai thit>tα/2 (2.689 > 1.9840) dan (sig α = 0,043 <0,050 ). Display berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Pakaian di PT. Matahari Department Store Kota Bengkulu, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t menunjukan nilai thit> tα/2 (2.480 > 1.9840) dan (sig α = 0,034 <0,050 ). Koefisien determinasi R2 = 0, 646 nilai mempunyai makna bahwa In Store Media (X1), Signane (X2), dan Display (X3) memberikan kontribusi yang signifikan pengaruh sebesar 0, 646 atau 64,6% terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Produk Pakaian di PT.
Downloads
References
Boy Walker, 2007. Marketing Communication Taktik dan Strategi, Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P.W. 1995. Perilaku konsumen, Edisi keenam (terjemahan). Binarupa Aksara. Jakarta.
Goni, Roy. 1991, “POP Advertising Alat Bantu Penjualan yang Strategis.”Manajemen Usahawan, Jakarta.
Ichwan Adhi. Pamungkas, Pengaruh Point Of Purchase (POP) Terhadap Keputusan Pembelian konsumen Di Toko Luwes Nusukan SurakartaTahun 2013.
Kasali R. (1992), Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonseia, Pustaka Utama Grafiti, Jakarta.
Kotler P, Keller KL. (2009), Manajemen Pemasaran.Edisi Ketiga Belas, Jilid 1, Bob Sabran, penerjemah, Erlangga, Jakarta.
Lawrence K Frank (2011).Prilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.
Novrianto dkk (2016).Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Nyken Widyastuti dan Retno Tanding Suryandari (2004). Sebuah Dunia (Tanpa Promosi Penjualan.Mix Marketing Xtra, Jakarta.
Pamungkas, W. S. (2013).Linieritas.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Rini Suryantini,2001., Manajemen Pemasaran . Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Semenik, dkk. (2012),Advertising and Promotions:An Integrated Brand Approach, Sixth Edition, International Edition, Thomson – South Western, USA.
Shimp T. (2003), Periklanan Promosi Dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu,Edisi Kelima, Jilid 1, Revyani Sahrial & Dyah Anikasari, Penerjemah, Erlangga, Jakarta.
Sopiah, Syihabudhin, 2008, Manajemen Bisnis Ritel, Andi, Yogyakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif, Penerbit Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2013. Dasar Dasar Evaluasi Pendidilkan. Jakarta. Rineka Cipta.
Sumarwan U. (2011), Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran,Ghalia Indonesia, Bogor.
Copyright (c) 2020 Sukardi Putra, Furqonti Ranidiah, Ade Tiara Yulinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.