PENGARUH POINT OF PURCHASE (POP) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN DI PT. MATAHARI DEPARTMENT STORE KOTA BENGKULU

  • Sukardi Putra Department of Management, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Furqonti Ranidiah Department of Accountancy, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ade Tiara Yulinda Department of Management, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: Point of Purchase (POP), Purchasing Decisions

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh In Store Media , Signane dan Display terhadap keputusan pemebelian produk pakaian di PT. Matahari Department Store. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif,populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PT. Matahari Department Store Kota Bengkulu yang berjumlah 120 orang. Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi , kuesioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu Uji Regresi Linear Berganda. Hasil Penelitian menunjukan In Store Media berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Pakaian di PT. Matahari Department Store Kota Bengkulu, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t menunjukan nilai thit >tα /2 (8.193 >1.9840) dan (sig α = 0,000 < 0,050). Signane berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Pakaian di PT. Matahari Department Store Kota Bengkulu, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t menunjukan nilai thit>tα/2 (2.689 > 1.9840) dan (sig α = 0,043 <0,050 ). Display berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Pakaian di PT. Matahari Department Store Kota Bengkulu, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t menunjukan nilai thit> tα/2 (2.480 > 1.9840) dan (sig α = 0,034 <0,050 ). Koefisien determinasi  R2 = 0, 646 nilai mempunyai makna bahwa In Store Media  (X1), Signane (X2), dan Display (X3) memberikan kontribusi yang signifikan pengaruh sebesar 0, 646 atau 64,6% terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Produk Pakaian di PT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bob Faster. 2008. Manajemen Bisnis Ritel, Andi, Yogyakarta.
Boy Walker, 2007. Marketing Communication Taktik dan Strategi, Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P.W. 1995. Perilaku konsumen, Edisi keenam (terjemahan). Binarupa Aksara. Jakarta.
Goni, Roy. 1991, “POP Advertising Alat Bantu Penjualan yang Strategis.”Manajemen Usahawan, Jakarta.
Ichwan Adhi. Pamungkas, Pengaruh Point Of Purchase (POP) Terhadap Keputusan Pembelian konsumen Di Toko Luwes Nusukan SurakartaTahun 2013.
Kasali R. (1992), Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonseia, Pustaka Utama Grafiti, Jakarta.
Kotler P, Keller KL. (2009), Manajemen Pemasaran.Edisi Ketiga Belas, Jilid 1, Bob Sabran, penerjemah, Erlangga, Jakarta.
Lawrence K Frank (2011).Prilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.
Novrianto dkk (2016).Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Nyken Widyastuti dan Retno Tanding Suryandari (2004). Sebuah Dunia (Tanpa Promosi Penjualan.Mix Marketing Xtra, Jakarta.
Pamungkas, W. S. (2013).Linieritas.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Rini Suryantini,2001., Manajemen Pemasaran . Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Semenik, dkk. (2012),Advertising and Promotions:An Integrated Brand Approach, Sixth Edition, International Edition, Thomson – South Western, USA.
Shimp T. (2003), Periklanan Promosi Dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu,Edisi Kelima, Jilid 1, Revyani Sahrial & Dyah Anikasari, Penerjemah, Erlangga, Jakarta.
Sopiah, Syihabudhin, 2008, Manajemen Bisnis Ritel, Andi, Yogyakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif, Penerbit Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2013. Dasar Dasar Evaluasi Pendidilkan. Jakarta. Rineka Cipta.
Sumarwan U. (2011), Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran,Ghalia Indonesia, Bogor.
Published
2020-07-30
How to Cite
Putra, S., Ranidiah, F., & Yulinda, A. (2020). PENGARUH POINT OF PURCHASE (POP) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN DI PT. MATAHARI DEPARTMENT STORE KOTA BENGKULU. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 192-204. https://doi.org/10.37676/ekombis.v8i2.1085
Section
Articles