PENGARUH AGRESIVITAS PAJAK MENGGUNAKAN PROKSI BOOK TAX DIFFERENCE (BTD) DAN CASH EFFECTIVE TAX RATE (CETR) TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)

  • Nensi Yuniarti. Zs Department of Accountancy, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Budi Astuti Department of Accountancy, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: Tax Aggressiveness, Book Tax Difference, Cash Effektive Tax Rate, Corporate Social Responsibility

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh agresivitas pajak terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak dengan proksi Book-tax Difference (BTD), dan Cash Effective Tax Rate (CETR). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility (CSR).

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019, dengan menggunakan analisis resgresi berganda dan pengujian analisis sensitivitas. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui purposive sampling. Jumlah perusahaan sampel sebanyak 38 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 152 observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa agresivitas pajak dengan proksi BTD tidak berpengaruh terhadap CSR dimana hasil penelitian didapatkan signifikansi  lebih besar dari 0,205 > 0,05, sedangkan agresivitas pajak dengan proksi CETR berpengaruh terhadap CSR, dengan hasil signifikansi 0,00 < 0,05. Temuan lain dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa perusahaan yang melakukan agresivitas pajak cenderung untuk melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial yang lebih luas untuk mendapat dukungan positif dari masyarakat dan lingkungan untuk mempertahankan eksistensinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darussalam., & Danny, S. (2009). Tax Avoidance, Tax Planning, Tax Evasion, dan Anti Avoidance Rule. (Online). (http://www.ortax.org/ortax/?mod=issue&page=show&id=36&hlm=2)(diakses pada tanggal 6 November 2018).
Diah, M. R., Lilik, H., & Elin, E. S. (2015). Agresivitas Pajak pada Perusahaan Publik Indonesia yang Melakukan Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset. Universitas Mataram.
Global Reporting Initiative. GRI Sustainability Reporting Guidelines G4. Diambil dari www.globa;reporting.org. Diakses tanggal 7 November 2018.
Imam, G. (2013). Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang : Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Intan, A. U., & Abdul, R., (2015). Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility : untuk Menguji Teori Legitimasi. Jurnal Riset. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Lanis, R., & Richardson, G. (2013). Corporate Social Responsibility and Tax Aggressiveness: An empirical analysis. Accounting, Auditing & Accountability Journal Vol. 26 No. 1. Emerald Group Publishing.
Marghalina, B. F., Syafi’i., & Kusni, H. (2018). Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ekonomi Equity Volume 4 Issue 2. Universitas Bhayangkara.
Nanda, I. N., Nila, F. N., & Agung, D. (2015). Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks SRI-KEHATI tahun 2011-2013). Jurnal Perpajakan Vol. 5 No.2. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang.
Natasya, E. O. (2014). Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility : untuk Menguji Teori Legitimasi. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Semarang : Universitas Diponegoro.
Rizki, A., & Didik, A. (2017). Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset. Semarang : Universitas Diponegoro.
Winda, P., & Pancawati, H. (2015). Pengaruh Agresivitas Pajak dan Media Exksplosure Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Stikubang.
Published
2020-07-30
How to Cite
Yuniarti. Zs, N., & Astuti, B. (2020). PENGARUH AGRESIVITAS PAJAK MENGGUNAKAN PROKSI BOOK TAX DIFFERENCE (BTD) DAN CASH EFFECTIVE TAX RATE (CETR) TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 183-191. https://doi.org/10.37676/ekombis.v8i2.1084
Section
Articles