PENGARUH AGRESIVITAS PAJAK MENGGUNAKAN PROKSI BOOK TAX DIFFERENCE (BTD) DAN CASH EFFECTIVE TAX RATE (CETR) TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh agresivitas pajak terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak dengan proksi Book-tax Difference (BTD), dan Cash Effective Tax Rate (CETR). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility (CSR).
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019, dengan menggunakan analisis resgresi berganda dan pengujian analisis sensitivitas. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui purposive sampling. Jumlah perusahaan sampel sebanyak 38 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 152 observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa agresivitas pajak dengan proksi BTD tidak berpengaruh terhadap CSR dimana hasil penelitian didapatkan signifikansi lebih besar dari 0,205 > 0,05, sedangkan agresivitas pajak dengan proksi CETR berpengaruh terhadap CSR, dengan hasil signifikansi 0,00 < 0,05. Temuan lain dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa perusahaan yang melakukan agresivitas pajak cenderung untuk melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial yang lebih luas untuk mendapat dukungan positif dari masyarakat dan lingkungan untuk mempertahankan eksistensinya.
Downloads
References
Diah, M. R., Lilik, H., & Elin, E. S. (2015). Agresivitas Pajak pada Perusahaan Publik Indonesia yang Melakukan Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset. Universitas Mataram.
Global Reporting Initiative. GRI Sustainability Reporting Guidelines G4. Diambil dari www.globa;reporting.org. Diakses tanggal 7 November 2018.
Imam, G. (2013). Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang : Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Intan, A. U., & Abdul, R., (2015). Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility : untuk Menguji Teori Legitimasi. Jurnal Riset. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Lanis, R., & Richardson, G. (2013). Corporate Social Responsibility and Tax Aggressiveness: An empirical analysis. Accounting, Auditing & Accountability Journal Vol. 26 No. 1. Emerald Group Publishing.
Marghalina, B. F., Syafi’i., & Kusni, H. (2018). Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ekonomi Equity Volume 4 Issue 2. Universitas Bhayangkara.
Nanda, I. N., Nila, F. N., & Agung, D. (2015). Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks SRI-KEHATI tahun 2011-2013). Jurnal Perpajakan Vol. 5 No.2. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang.
Natasya, E. O. (2014). Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility : untuk Menguji Teori Legitimasi. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Semarang : Universitas Diponegoro.
Rizki, A., & Didik, A. (2017). Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset. Semarang : Universitas Diponegoro.
Winda, P., & Pancawati, H. (2015). Pengaruh Agresivitas Pajak dan Media Exksplosure Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Stikubang.
Copyright (c) 2020 Nensi Yuniarti. Zs, Budi Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.