PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PEMAHAMAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI

  • Erwin Febriansyah Department of Accountancy, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Fraternesi Fraternesi Department of Accountancy, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Anina Safitri Department of Accountancy, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Understanding of Introductory Accounting Courses

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan  emosional dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman mata kuliah pengantar akuntansi studi pada mahasiswa akuntansi universitas muhammadiyah bengkulu. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sample random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi universitas muhammadiyah  bengkulu semester 4 dan 6 yang diambil secara random sampling berjumlah 82 mahasiswa. Alat uji yang digunakan untuk hipotesis adalah uji regresi logistik dan kemudian hasil uji tersebut di interprestasikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang mendasar bagi perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan pemahaman mata kuliah pengantar akuntansi fakultas ekonomi akuntansi universitas muhammadiyah bengkulu. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi logistik menunjukkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman mata kuliah pengantar akuntansi pada mahasiswa akuntansi universitas muhammadiyah bengkulu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Erwin Febriansyah, Department of Accountancy, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan  emosional dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman mata kuliah pengantar akuntansi studi pada mahasiswa akuntansi universitas muhammadiyah bengkulu. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sample random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi universitas muhammadiyah  bengkulu semester 4 dan 6 yang diambil secara random sampling berjumlah 82 mahasiswa. Alat uji yang digunakan untuk hipotesis adalah uji regresi logistik dan kemudian hasil uji tersebut di interprestasikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang mendasar bagi perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan pemahaman mata kuliah pengantar akuntansi fakultas ekonomi akuntansi universitas muhammadiyah bengkulu. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi logistik menunjukkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman mata kuliah pengantar akuntansi pada mahasiswa akuntansi universitas muhammadiyah bengkulu

References

Amirin, T.( 2011). Populasi Dan SampelPenelitian 4 Ukuran Sampel Rumus Slovin. Jakarta : Erlangga
Azwar, Saifuddin. (2011). Metodepenelitian.PustakaPelajar. Yogyakarta.
Corry, Andy & Hamid, Farid, (2012).MetodePenelitianSurvei.Jakarta :Kencana
dadang , Asep (2010). Universal multikreasi, mecerdaskan IQ, EQ, SQ, Bandung : Globalindo.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.
Semarang :BadanPenerbitUniversitasDiponegoro
Goleman, Daniel. (2010). Emotional Intelligence. Jakarta: PT.GramediaPustakaUtama
Gordon, Barry & Berger Lisa, (2013). Memori Intelegen Jakarta : Erlangga
Indriantoro, Nur & Bambang Supomo. (2010). Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta : BPFE.
Lupiyoadi & Bramulya, (2015). Pratikum Metode Riset Bisnis . Jalarta : Selemba Empat.
Hidayah, N. R. (2020). Effect Of Education And Training (diklat/bimtek), Understanding Of Regional Financial Accounting Systems (Simda) On Performance Of Regional Financial Management. Bima Journal (Business, Management, & Accounting Journal), 1(1), 61-72.
Nuraini, Maya (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman akuntansi. Gresik : jurnal BETA.
Riandi,Edi (2016) statistika penelitian ( Analisis Manual dan IBM SPSS).Yogyakarta : Penerbit Andi
Paskah, ika. (2010). “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Pemahaman Akuntansi, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. X, No. 2.
Singarimbun, Masri. (2011). MetodePenelitianSurvay. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia.
Sugiyono.(2016). MetodePenelitianBisnis (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung :Alfabeta.
Umar, Husein (2011). MetodePenelitianUntukSkripsidanTesisBisnis, Jakarta: Raja Grafindopersada.
Published
2020-07-30
How to Cite
Febriansyah, E., Fraternesi, F., & Safitri, A. (2020). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PEMAHAMAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 160-170. https://doi.org/10.37676/ekombis.v8i2.1082
Section
Articles