PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PEMAHAMAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman mata kuliah pengantar akuntansi studi pada mahasiswa akuntansi universitas muhammadiyah bengkulu. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sample random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi universitas muhammadiyah bengkulu semester 4 dan 6 yang diambil secara random sampling berjumlah 82 mahasiswa. Alat uji yang digunakan untuk hipotesis adalah uji regresi logistik dan kemudian hasil uji tersebut di interprestasikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang mendasar bagi perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan pemahaman mata kuliah pengantar akuntansi fakultas ekonomi akuntansi universitas muhammadiyah bengkulu. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi logistik menunjukkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman mata kuliah pengantar akuntansi pada mahasiswa akuntansi universitas muhammadiyah bengkulu.
Downloads
References
Azwar, Saifuddin. (2011). Metodepenelitian.PustakaPelajar. Yogyakarta.
Corry, Andy & Hamid, Farid, (2012).MetodePenelitianSurvei.Jakarta :Kencana
dadang , Asep (2010). Universal multikreasi, mecerdaskan IQ, EQ, SQ, Bandung : Globalindo.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.
Semarang :BadanPenerbitUniversitasDiponegoro
Goleman, Daniel. (2010). Emotional Intelligence. Jakarta: PT.GramediaPustakaUtama
Gordon, Barry & Berger Lisa, (2013). Memori Intelegen Jakarta : Erlangga
Indriantoro, Nur & Bambang Supomo. (2010). Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta : BPFE.
Lupiyoadi & Bramulya, (2015). Pratikum Metode Riset Bisnis . Jalarta : Selemba Empat.
Hidayah, N. R. (2020). Effect Of Education And Training (diklat/bimtek), Understanding Of Regional Financial Accounting Systems (Simda) On Performance Of Regional Financial Management. Bima Journal (Business, Management, & Accounting Journal), 1(1), 61-72.
Nuraini, Maya (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman akuntansi. Gresik : jurnal BETA.
Riandi,Edi (2016) statistika penelitian ( Analisis Manual dan IBM SPSS).Yogyakarta : Penerbit Andi
Paskah, ika. (2010). “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Pemahaman Akuntansi, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. X, No. 2.
Singarimbun, Masri. (2011). MetodePenelitianSurvay. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia.
Sugiyono.(2016). MetodePenelitianBisnis (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung :Alfabeta.
Umar, Husein (2011). MetodePenelitianUntukSkripsidanTesisBisnis, Jakarta: Raja Grafindopersada.
Copyright (c) 2020 Erwin Febriansyah, Fraternesi Fraternesi, Anina Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.