PENGARUH KUALITAS PRODUK, DISPLAY LAYOUT, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

  • Meilaty Finthariasari Department of Management, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sri Ekowati Department of Management, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Roy Krisna Department of Management, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: Product Quality, Display Layout, Product Variations, Consumer Satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualias produk, display layout, dan variasi produk terhadap kepuasan konsumen toko kue Sarah Cake Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel berjumlah 190 orang responden, sampel ditarik berdasarkan rumus Hair et al. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan kuesioner. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan alat bantu olah data SPSS 21 dan dianalisi menggunakan teknik analisis uji asumsi klasik, regresi linier berganda, Koefisien Determinasi (R2) dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari uji regresi linier berganda dengan yaitu Y = 3.213 + 0.125 (X1) + 0.177 (X2) + 0.092 (X3). Dari hasil uji hipotesis secara parsial (uji T) bahwa masing-masing variable independen (kualitas produk, display layout, dan variasi produk) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variable dependen (kepuasan konsumen). Adupan besarnya pengaruh masing-masing variable independen terhadap variable dependen (kepuasan konsumen) adalah kualitas produk sebesar 26.25%, display layout sebesar 62.10%, dan variasi produk sebesar 25.13%. Untuk hasil secara simultan (uji F) variable independen (kualitas produk, display layout, dan variasi produk) juga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variable dependen (kepuasan konsumen), yaitu sebesar 60.10%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-30
How to Cite
Finthariasari, M., Ekowati, S., & Krisna, R. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, DISPLAY LAYOUT, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 149-159. https://doi.org/10.37676/ekombis.v8i2.1081
Section
Articles