PENGUKURAN KINERJA BPRS BERDASARKAN PERSPEKTIF TAUHIDY STRING RELATION (TSR) (Studi Kasus Pada PT BPRS Muamalat Harkat Bengkulu)

  • Dharma Setiawan
  • Katra Pramadeka Department of Islamic Economic Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: TSR, Tauhidy String Relation

Abstract

Studi mengenai manajemen atau pengelolaan kinerja suatu institusi/organisasi bisnis, telah banyak dikaji dalam berbagai riset/penelitian Terutama pengukuran kinerja pada sektor industri keuangan mikro dengan berbagai macam derivasi/turunannya yang sesuai dengan prinsip prinsip ajaran agama Islam, masih belum banyak dikaji dan dikembangkan oleh kaum Muslim. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) merupakan lembaga keuangan yang bergerak dalam pelayanan keuangan masyarakat, berbasis prinsip syariah. Berdasarkan perspektif TSR, dimana setiap variabel telah mengalami proses knowledge induced-(q), dan Wellbeing selalu sebagai dependent variable. Pada prinsipnya penerapan Pengukuran Kinerja BPRS Muamalat Harkat Bengkulu dengan menggunakan  perspektif atau pendekatan metodologi Tawhidy String Relation (TSR), dimana ukuran “Moralitas”, “Etika” dan “Nilai nilai Sosial” (MEN).Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder melalui studi kepustakaan, interviewed para pelaku, observasi, kuesioner dan data sekunder indikator BPRS, Bengkulu. Secara umum hasil pengukuran nilai (θ) sangat baik, mendekati nilai 4 dengan skala Likert(5). Nilai terbesar pada variabel aspek komunitas 3,91 dan terendah pada aspek keberlanjutan bisnis 3,83. Penjelasan yang umum BPRS memang harus dekat dengan komunitas atau warga setempat. Dan kondisi terlemah adalah tentang keberlanjutan bisnis, sebagaimana bisnis ukuran kecil pada umumnya.Nilai (θ) terkecil juga ditunjukan pada nilai pencapaian rasional yang paling kecil yaitu hanya mencapai 50. Pertumbuhan keuntungan sangat tinggi, mencapai 39%, sedangkan NPF juga sangat tinggi, hal ini mengindikasikan suatu kebijakan yang kurang cocok. Seolah shareholders menginginkan laba yang tinggi, dengan tidak mencadangkan kerugian atas NPF yang juga tinggi. Akibatnya secara logis keberlanjutan usaha menjadi dipertaruhkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-30
How to Cite
Setiawan, D., & Pramadeka, K. (2020). PENGUKURAN KINERJA BPRS BERDASARKAN PERSPEKTIF TAUHIDY STRING RELATION (TSR) (Studi Kasus Pada PT BPRS Muamalat Harkat Bengkulu). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 123-135. https://doi.org/10.37676/ekombis.v8i2.1079
Section
Articles