STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH (Studi Kasus Obyek Wisata Di Kecamatan Pondok Kelapa)

  • Dian Mardiati Sari Department of Informatis, Faculty of computer science, Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Strategy, Tourism, Development

Abstract

Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki obyek wisata dan menentukan strategi yang tepat untuk pengembangan obyek wisata Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.Data yang akan diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan metode analisa SWOT, yaitu dengan melihat kekuatan, kelemahan , peluang dan ancaman pada obyek wisata di Kabupaten Bengkulu Tengah.Hasil Penelitian antara lain :Kekuatan yang dimiliki obyek wisata Kabupaten Bengkulu Tengah tergolong rendah, berdasarkan pemetaan analisis SWOT menurut Rangukuti (2009), jika hasil analisis strategi pengembangan obyek wisata di Kabupaten Bengkulu Tengah berada pada kuadran III (mendukung strategi turn around) maka strategi pengembangan obyek wisata Kabupaten Bengkulu Tengah layak diterapkan.Strategi yang bisa diterapkan untuk menghadapi tantangan pengembangan obyek wisata di Kabupaten Bengkulu Tengah adalah WO (Weakness-Opportunity), berusaha mencapai keuntungan dari peluang yang ada dengan mengatasi kelemahan-kelemahan usaha :Meningkatkan Kegiatan Promosi,mengadakan Kegiatan Pemasaran Terpadu,dinas Berupaya mencari investor sebanyak mungkin,Pemerintah membangun jalan dan sarana/ prasarana

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-29
How to Cite
Sari, D. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH (Studi Kasus Obyek Wisata Di Kecamatan Pondok Kelapa). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 102-111. https://doi.org/10.37676/ekombis.v8i2.1077
Section
Articles