FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN BBLR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PASAR KEPAHIANG TAHUN 2020

  • TUTI HERMIATI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES CURUP JURUSAN D4 KEBIDANAN
  • FARIDA ESMIANTI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES CURUP JURUSAN D4 KEBIDANAN
  • YUSNIARITA YUSNIARITA POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES CURUP JURUSAN D4 KEBIDANAN
Keywords: BBLR, Usia, Paritas, LILA, Hb

Abstract

Kematian bayi di Indonesia secara statistik menunjukkan 90% kejadianBerat Badan Lahir Rendah (BBLR). BBLR adalah suatu keadaan dimana berat badan bayi saat lahir kurang dari 2500 gram. Faktor resiko kematian bayi dikaitkan dengan faktor dari bayi, ibu, dan kehamilan. Di kabupaten Kepahiang tahun 2018 terdapat 112 (5,1%) bayi BBLR dari 2.517 bayi lahir hidup. BBLR dapat terjadi dan dapat dipengaruhi beberapa faktor seperti penyakit ibu yang berhubungan langsung dengan kehamilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian BBLR.Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Deskriptif Analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini systematic sampling yaitu ibu bersalin berjumlah 99 ibu di wilayah kerja Puskesmas Pasar Kepahiang tahun 2019. Uji statistik yang digunakan yaitu Chi Square.Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar ibu berusia 20-35 tahun, sebagian besar ibu paritas 2-4 kali, sebagian besar ibu dengan LILA ≥ 23,5cm dan sebagian besar ibu dengan Hb ≥ 11 gr%, serta sebagian besar ibu melahirkan bayi dengan BB normal. Ada hubungan antara Usia, Paritas, LILA dan Hb ibu dengan kejadian BBLR. Saran untuk Puskesmas Pasar Kepahiang untuk dapat meningkatkan lagi upaya pemantauan kesehatan ibu dan anak. Khususnya kesehatan ibu hamil dengan memberikan penyuluhan tentang pemeriksaan kehamilan, gizi ibu hamil, dan lain-lain. Serta dapat meningkatkan kualitas tenaga kesehatan melalui pelatihan-pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Cutland, C.L., Lackritz, E.M., Mallett-Moore, T., Bardají, A., Chandrasekaran, R., Lahariya, C., Nisar, M.I., Tapia, M.D., Pathirana, J., Kochhar, S., & Muñoz, F.M. (2017). Low birth weight: Case definition & guidelines for data collection, analysis, and presentation of maternal immunization safety data
Darmayanti, L. 2015. Hubungan antara Status KEK dan Status Anemia dengan Kejadian BBLR pada Ibu Hamil Usia Remaja (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Cerme Kabupaten Bondowoso).
Depkes R.I. 2013. Buku Penuntun Gizi. Direktorat Gizi, I, II,III, IV. Direktorat Jenderal Pembinaan Kesehatan Masyarakat, Departemen Kesehatan RI, Jakarta.
Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2015. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu
Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang. 2018Profil Kesehatan Kabupaten Kepahiang.
Kemenkes RI .2019 Profil Kesehatan Indonesia 2018. Jakarta.
Marmi dkk. 2016. Asuhan Kebidanan Patologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Manuaba IBG. 2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan & Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC.
Notoatmojo .2010. Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. (2011). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
Nur, R., Arifuddin, A., & Vovilia, R. (2016).Analisis faktor risiko kejadian berat badan lahir rendah di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu. Jurnal Preventif, Volume 7 Nomor 1
Proverawati, Kusumawati. 2003. Buku Ajar Gizi Untuk Kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika
Puspitasari R. 2014. Hubungan tingkat pendidikan dan pekerjaan ibu dengan kejadian bayi berat lahir rendah di RSU PKU Muhammadiyah Bantul (Skripsi). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Saifudin B, 2014. Ilmu Kebidanan. Edisi keempat, Jakarta : PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Suhartati dkk, 2016. Hubungan Anemia pada Ibu Hamil dengan Kejadiaan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) di wilayah kerja Puskesmas Tanta Kabupaten Tabalong tahun 2016. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan. Vol 8 no 1 2017.
Supariasa, 2002. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Tripathy, P. (2014). Clinical characteristics & morbidity pattern among Low Birth Weight Babies. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 4 Issue..
Walyani dan Endang, 2016. Asuhan Persalinan dan Bayi Baru Lahir. Yogyakarta: Pustaka baru press.
WHO. 2017. Monitoring Health For The SDG's, Sustainable Development Goals. Geneva: World Health Organization.
World Health Organization Statistic Report 2015. Geneva: World Health Organization; 2015.
Yulianti dan Hargiono, 2016. Hubungan Status Gizi Ibu Hamil dengan Kejadian Bayi Berat Lahir Rendah (BBLRI di RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo kota Mojokerto. Jurnal Kesehatan. Vol 8 no 3 hal 56-62.
Published
2023-05-20
How to Cite
HERMIATI, T., ESMIANTI, F., & YUSNIARITA, Y. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN BBLR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PASAR KEPAHIANG TAHUN 2020. Journal Of Midwifery, 11(1), 83-90. https://doi.org/10.37676/jm.v11i1.4205
Section
Articles