PENGARUH KOMBINASI TABLET FE DAN PISANG AMBON TERHADAP KADAR HB IBU HAMIL TRIMESTER II DENGAN ANEMIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CURUP TIMUR TAHUN 2020

  • RESI NOVITA SARI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES CURUP JURUSAN D4 KEBIDANAN
  • LYDIA FEBRINA POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES CURUP JURUSAN D4 KEBIDANAN
  • YENNI PUSPITA POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES CURUP JURUSAN D4 KEBIDANAN
  • FARIDA ESMIANTI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES CURUP JURUSAN D4 KEBIDANAN
Keywords: Anemia, Hemoglobin, Pisang Ambon, Tablet Fe

Abstract

 

Anemia yakni suatu kondisi dimana jumlah dan ukuran sel darah merah atau konsentrasi haemoglobin dibawah nilai batas normal.Anemia merupakan indicator untuk gizi buruk dan kesehatan yang buruk.Tujuan penelitinya itu untuk mengetahui Pengaruh Kombinasi Tablet Fe dan Pisang Ambon terhadap kadar Hb Ibu Hamil Trimester II dengan Anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Curup Timur Tahun 2020. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimental with Pretest and Post-test Two Group Design. Populasi adalah seluruh ibu hamil dengan anemia di wilayah kerja Puskesmas Curup Timur yang melakukan pemeriksaan kehamilannya berdasarkan buku register pada bulan Januari -November tahun 2020 sebanyak 91 orang ibuhamil. Sampel berjumlah 36 orang diambil dengan teknik purposive samping. Analisa data  dilakukan secara univariat dan bivariate dengan menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kadar Hb pada ibu hamil TM II dengan anemia pada kelompok eksperimen sebelum diberikan perlakuan yaitu 9.94 dan setelah diberikan perlakuan yaitu 10.47. Rata-rata kadar Hb pada ibu hamil TM II dengan anemia pada kelompok kontrol sebelum diberikan perlakuan yaitu 9.8 dan setelah diberikan perlakuan yaitu 10.0. Ada perbedaan rata-rata kadar Hb pada ibu hamil trimester II dengan anemia sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Ada pengaruh kombinasi Tablet Fe dan Pisang Ambon terhadap kadar Hb Ibu Hamil Trimester II dengan Anemia . Diharapkan bagi ibu hamil  dapat memberikan informasi mengenai manfaat lain dari pisang ambon sebagai salah satu alternative dalam penanganan anemia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andina, Fenni Dwi, dkk. 2018. “Perbedaan Kadar Hb Sebelum dan Sesudah Pemberian Pisang Ambon pada Ibu Hamil dengan Anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Sumowono”. Indonesian Journal of Midwivery (UM). Vol 1(2): hal 1.
Hardiani, Dkk. 2020. “Pengaruh Pisang Ambon Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil di Klinik FS Munggaran Kabupaten Garut”. Jurnal Ilmiah Kesehatan. Vol 12 (2) : Hal 156.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta : Balitbang Kemenkes RI
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2018. Jakarta : Pusdatin Kemenkes.
Kementerian Kesehatan RI. INFODATIN Situasi dan Analisis Gizi. 2015.
Kondi, Maria F dkk. 2017. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Anemia pada Ibu Hamil di Puskesmas Padediwatu Kabupaten Sumba Barat”. Naskah Publikasi”. Kupang : STIKes CHMK Kupang.
Mahardika, Nurul dan Zuraida, Reni. 2016. “Vitamin C pada Pisang Ambon (Musa paradisiaca S.) dan Anemia Defisiensi Besi”. Majority. Vol. 5(4) : hal 125.
Manuaba, Ida. 2012. Obstetri dan Ginekologi Sosial. Jakarta : CV. Trans Info Media.
MB, Arisman. 2014. Gizi dalam Daur Kehidupan Edisi 2. Jakarta : Kedokteran EGC.
Muslikah, Erni dan Sulastri, 2018, “Efektifitas Pemberian Tablet Fe dan Buah Pisang Ambon Dalam Meningkatkan Kadar Hemoglobin”. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan. Vol.11 (2) : hal 46-49
Padmi, D. R. K. N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Puskesmas Tegalrejo Tahun 2017.
Putri, Yelmi dan Hastina, Evi. 2020. Asuhan Keperawatan Maternitas pada Kasus Komplikasi Kehamilan. Persalinan dan Nifas. Jawa Tengah : CV. Pena Persada.
Sulistianingsih, Apri dan Saputri, Nurwinda. 2020. Kehamilan Bebas Anemia. Padang : Rumahkayu Pustaka.
Umami, Riska. 2019. Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Fe dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta. Karya Ilmiah tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Aisyiyah Yogyakarta.
World Health Organization. 2015. The Global Prevalence of Anaemia in 2011. Geneva: World Health Organization
Published
2022-10-19
How to Cite
SARI, R., FEBRINA, L., PUSPITA, Y., & ESMIANTI, F. (2022). PENGARUH KOMBINASI TABLET FE DAN PISANG AMBON TERHADAP KADAR HB IBU HAMIL TRIMESTER II DENGAN ANEMIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CURUP TIMUR TAHUN 2020. Journal Of Midwifery, 10(2), 18-26. https://doi.org/10.37676/jm.v10i2.3247
Section
Articles