Sosialisasi Teknologi Metaverse Bagi Peningkatan Keterampilan Siswa Kejuruan Pada SMK Negeri 3 Seluma

  • Eko Suryana Universitas Dehasen Bengkulu
  • Jusuf Wahyudi Universitas Dehasen Bengkulu
  • Lena Elfianty Universitas Dehasen Bengkulu
  • Maryaningsih Maryaningsih Universitas Dehasen Bengkulu
  • Siti Sundari Universitas Dehasen Bengkulu
  • Yudi Ariantara Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Teknologi Metaverse, Keterampilan, Siswa Kejuruan

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) 3 Kabupaten Seluma yang berada di jalan lintas Bengkulu – Tais merupakan sekolah yang telah banyak memperoleh prestasi sebagai sekolah kejuruan terbaik tingkat kabupaten dan telah terakreditasi A.  Selain itu SMKN 3 Seluma ini telah berani mencanangkan sebagai sekolah unggulan yang patut menjadi contoh bagi sekolah-sekolah menengah kejuruan lainnya.  Kelanjutan dari Analisis Situasi di atas, melakukan identifikasi permasalahan yang ada pada SMKN 3 Seluma, baik permasalahan eksternal seperti kondisi geografis, jarak tempuh; juga dilakukan identifikasi permasalahan yang utama, yakni jumlah siswa, bidang kejuruan yang yang diselenggarakan, kepadatan peserta didik per bidang kejuruan, rasio guru dengan siswa serta dengan pertimbangan unsur penunjang lainnya.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terkonsentrasi pada masyarakat pendidikan ini khususnya di SMKN 3 Seluma adalah penyampaian berbagai pengetahuan dan teknologi bidang teknologi informasi dengan harapan dapat mengecilkan kesenjangan pengetahuan masyarakat bidang teknologi informasi seperti Metaverse yang dalam istilah sehari-hari jangan sampai banyak siswa gaptek (gagap teknologi) agar dapat lebih berperan dalam persaingan dunia di luar dinding sekolah.  Teknologi Metaverse adalah teknologi masa kini ruang tiga dimensi yang menggabungkan dunia realitas dan dunia digital yang canggih. Metaverse merupakan ruang virtual di mana semua orang dari seluruh dunia dapat berkumpul, berkomunikasi serta berinteraksi satu sama lainnya menggunakan teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality). Pembahasan pada studi penelitian ini mencakup tantangan dan dampak Metaverse terhadap dunia pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eko Suryana, Universitas Dehasen Bengkulu

Program Studi Informatika

Lena Elfianty, Universitas Dehasen Bengkulu

Program Studi Informatika

Maryaningsih Maryaningsih, Universitas Dehasen Bengkulu

Program Studi Informatika

Siti Sundari, Universitas Dehasen Bengkulu

Program Studi Informatika

Yudi Ariantara, Universitas Dehasen Bengkulu

Program Studi Informatika

Published
2024-07-11
How to Cite
Suryana, E., Wahyudi, J., Elfianty, L., Maryaningsih, M., Sundari, S., & Ariantara, Y. (2024). Sosialisasi Teknologi Metaverse Bagi Peningkatan Keterampilan Siswa Kejuruan Pada SMK Negeri 3 Seluma. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 3(2), 233-. https://doi.org/10.37676/jdun.v3i2.6078
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>