ANALISIS SUBSTITUSI USAHATANI KOPI KE USAHATANI KAKAO DI DESA BUKIT MENYAN KECAMATAN BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG

  • Novika Astira Universitas Dehasen Bengkulu

Abstract

Lahan tanaman kakao berkembang rata-rata hampir 10% per tahun selama lima tahun terakhir dan hal tersebut merupakan suatu tingkat pertumbuhan yang sangat besar. Hal ini memacu terjadinya perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat petani kopi yang dianggap sebagai dinamika yang terjadi pada masyarakat petani yang pada dasarnya untuk memaksimalkan pendapatan. Tujuan penelitian ini, mengetahui faktor yang menjadi alasan petani melakukan substitusi usahatani, seberapa luas lahan petani kopi yang disubstitusikan, berapa besar pendapatan usahatani kopi sebelum dan setelah disubstitusikan. Metode penelitian ini meliputi metode penentuan lokasi dan waktu penelitian yaitu di Desa Bukit Menyan Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang, metode pengumpulan data yaitu data primer dan data sekunder, metode pengambilan sampel yaitu metode sampling total sebanyak 57 orang. Penelitian dianalisis melalui analisis deskriptif, dan analisis pendapatan.

Alasan petani melakukan substitusi usahatani disebabkan oleh 3 (tiga) faktor yaitu jumlah tanggungan keluarga, penerimaan usahatani kopi, dan faktor lain-lain (meniru petani lain, meningkatkan taraf hidup, harga kakao lebih mahal, frekuensi panen lebih banyak). Alasan karena jumlah tanggungan keluarga adalah sebanyak 14 orang atau sebanyak 24.50%. Sedangkan alasan petani karena penerimaan usahatani kopi adalah sebanyak 29 orang atau sebanyak 50.87%, dan untuk alasan faktor lain-lain  adalah sebanyak 14 orang atau sebanyak 24.50%. Luas lahan petani yang disubstitusikan memiliki rata-rata 75.07 % dari total luas lahan yang dimiliki oleh petani. Pendapatan rata-rata petani kopi sebelum melakukan substitusi usahatani adalah sebesar adalah sebesar Rp 15.829.000 per tahun Pendapatan rata-rata petani kopi sesudah melakukan substitusi usahatani adalah sebesar Rp 23.248.000 per tahun.

 

Kata Kunci: Substitusi, usahatani kopi, usahatani kakao

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Novika Astira, Universitas Dehasen Bengkulu

Fakultas Pertanian

Published
2018-05-21
How to Cite
Astira, N. (2018). ANALISIS SUBSTITUSI USAHATANI KOPI KE USAHATANI KAKAO DI DESA BUKIT MENYAN KECAMATAN BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG. AGRITEPA: Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pertanian, 3(2), 11 - 31. https://doi.org/10.37676/agritepa.v3i2.530
Section
Article Reasearch