HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT TERHADAP MOTIVASI MAHASISWI TINGKAT IIIKEBIDANAN WIDYA KARSA JAYAKARTA
Abstract
Pendidikan merupakan suatu proses perubahan tingkah laku dan kemampuan seseorang menuju ke arah kemajuan dan peningkatan.Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan media pembelajaran dan minat belajar terhadap motivasi belajar pada mahasiswi tingkat III kebidanan widya karsa jayakarta tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 responden.Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling.Hasil penelitian berdasarkan uji univariat dan bivariat di peroleh gambaran responden yang mempunyai Motivasi belajar di Kebidanan Widya Karsa Jayakarta tingkat III tahun 2015 sebanyak 14 orang (46,7%). Penggunaan media pembelajaran yang positif di Kebidanan Widya Karsa Jayakarta tingkat III tahun 2015 sebanyak 12 orang (40,0%), sedangkan minat belajar di Kebidanan Widya Karsa Jayakarta tingkat III tahun 2015 sebanyak 11 orang (37,7%). Hasil uji statistik bivariat media pembelajaran diperoleh nilai p= 0,002 sikap diperoleh nilai p= 0,007, Maka dapat disimpulkan ada hubungan antara media pembelajaran dengan motivasi belajar, ada hubungan antara minat belajar dengan motivasi belajar. Dari penelitian ini penulis memberikan saran untuk dosen pengajar lebih meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa agar tetap terus semangat belajar dan mendapatkan hasil belajar yang baik.