PENGARUH BIRTHBALL TERHADAP KALA I FASE AKTIF PADA IBU BERSALIN DI PMB MALA KABUPATEN MUSI RAWAS SUMATERA SELATAN

  • YOSI APRIANI FAKULTAS ILMU KESEHATAN, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
  • SYAMI YULIANTI FAKULTAS ILMU KESEHATAN, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
  • MURWATI MURWATI FAKULTAS ILMU KESEHATAN, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
Keywords: Birthball, Kala I, Bersalin

Abstract

Persalinan merupakan peristiwa lahirnya bayi, plasenta, dan selaput ketuban dari uterus ke dunia luar. Penyebab komplikasi dalam persalinan yang menyebabkan meningkatnya mortalitas dan morbiditas pada ibu dan janin adalah partus lama. Masih tingginya angka kejadian lama kala I fase aktif di Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Birthball terhadap lama kala I fase aktif pada ibu bersalin di PMB Mala, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester III di PMB Mala, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden dengan teknik purposive sampling. Instrument penelitian ini menggunakan partograf dan lembar observasi untuk menilai lama kala I fase aktif. Analisa data secara univariat dan bivariate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata lama kala I pada kelompok intervensi (birth ball) adalah 203 menit (3 Jam 38 menit) dan kelompok kontrol 248 menit (4 jam 13 menit) pada ibu bersalin di PMB Mala, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, hasil Uji T-Test didapatkan hasil p-value 0,024 < 0,05 artinya ada pengaruh birthball terhadap lama kala I fase aktif pada ibu bersalin di PMB Mala, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh birthball terhadap lama kala I fase aktif pada ibu bersalin di PMB Mala, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Diharapkan dapat menjadi acuan bagi bidan dalam memberikan asuhan kebidanan untuk meningkatkan keterampilan bidan dalam melakukan pertolongan persalinan normal guna menurunkan angka morbilitas dan mortalitas ibu hamil dan neonatal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani Purwati & Tut Rayani. (2020). Pengaruh Teknik Bola Persalinan (Birthing Ball) Terhadap Penurunan Bagian Bawah Janin Pada Ibu Primigravida Inpartu Kala I Fase Aktif Di Pmb Ike Sri Kec. Buluwang Kab. Malang. 4(1), 40–45.
Dwi, S., Dewi Andang, P., & Listyaning Eko, M. (2021). Faktor Persalinan Kala 1 Lama di Puskesmas Ketuwan Blora. Midwifery Care Journal, 2(4), 146–155.
Erni Hernawati. (2021). Pengaruh Bimbingan Gym Ball Terhadap Kemajuan Persalinan Ibu Primigravida. Asuhan Ibu Dan Anak.
Fitria, R & Wahyuni, R. (2021). The effectiveness of Giving Birth ball method to the Intensity of Stage I labor pain in the active phase in BPM Rokan Hulu. Jurnal Maternity and Neonatal, 3 (3), 210-220.
Hernawati. (2021). Pengaruh Bimbingan Gym Ball Terhadap Kemajuan Persalinan Ibu Primigravida. Jurnal Asuhan Ibu dan Anak, 6 (2), 83-90
Purwati, A. (2020). Pengaruh Teknik Bola Persalinan (Birthing Ball) Terhadap Penurunan Bagian Bawah Janin Pada Ibu Primigravida Inpartu Kala I Fase Aktif Di Pmb Ike Sri Kec. Bululawang Kab. Malang. Journal of Islamic Medicine, 4(1), 40–45. https://doi.org/10.18860/jim.v4i1.8846
Wiliandari, M., & Sagita, Y. D. (2021). Pengaruh Terapi Birthball Pada Primigravida Terhadap Lamanya Persalinan Kala I Di Pmb Meri Wiliandari Dan Pmb Sri Wartini Kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2021Umu Qonitun, S. N. F. (2019). Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Kejadian Partus Lama Pada Ibu Bersalin Di Rsud Dr. R. Koesma Tuban. 7(1), 51–57.
Wiliandari, Meri & Sagita, Y. D. (2021). Pengaruh Terapi Birthball Pada Primigravida Terhadap Lamanya Persalinan Kala I Di Pmb Meri Wiliandari Dan Pmb Sri Wartini Kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2021. 2(2).
Published
2023-10-19
How to Cite
APRIANI, Y., YULIANTI, S., & MURWATI, M. (2023). PENGARUH BIRTHBALL TERHADAP KALA I FASE AKTIF PADA IBU BERSALIN DI PMB MALA KABUPATEN MUSI RAWAS SUMATERA SELATAN. Journal Of Midwifery, 11(2), 373-377. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/JM/article/view/5399
Section
Articles