HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP MINAT IBU DALAM PIJAT BAYI DI BPM BIDAN IDA LAILA KOTA BENGKULU

  • RONALEN BR. SITUMORANG UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
  • YESI PUTRI UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Pijat Bayi, Minat

Abstract

Pijat bayi secara tradisional lebih dahulu dikenal oleh masyarakat Indonesia dibandingkan dengan pijat bayi berdasarkan penelitian medis (Martin, dalam Uswatun, 2017).  Di Indonesia cukup banyak bayi yang mengalami masalah gangguan tidur, yaitu sekitar 44,2% bayi mengalami gangguan tidur seperti sering terbangun di malam hari. Pijat bayi sudah lama dikenal dimasyarakat kita, namun masih banyak masyarakat kita yang belum mengerti dan belum mengetahui manfaat dari pada pijat bayi. Terapi pijat pada anak dan orang dewasa sudah berlangsung lama termasuk pijat pada bayi secara tradisional. Tujuan penelitian ini adakah untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Minat Ibu Dalam Pijat Bayi di BPM Bidan Ida Laila Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki bayi 1-12 bulan berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian menggunakan metode total sampling.

Hasil penelitian ini adalah Data hasil penelitian ini dapat digunakan dengan menggunakan SPSS statistics 25 dengan uji chi square dengan menunjukkan nilai signifikasi ρ=0,010 <α (0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan sikap dengan minat ibu dalam pijat bayi. Hasil uji chi square dengan menunjukkan nilai signifikasi ρ=0,007 <α (0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan pengetahuan dengan minat ibu dalam pijat bayi di BPM Bidan Ida Laina di kota Bengkulu. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan pengetahuan dan sikap dengan minat ibu dalam pijat bayi di BPM Bidan Ida Laina di Kota Bengkulu tahun 2021. Hasil penelitin ini dapat Menambah sumber kepustakaan tentang materi Pengetahuan dan Sikap Ibu terhadap Minat Ibu dalam Pijat bayi serta sebagai referensi, masukan atau acuan informasi dalam mengembangkan penelitian dengan variabel-variabel yang lain dan metode penelitian yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrews, 2015. Pengaruh Pijat Bayi terhadap Kenaikan Berat Badan Bayi Umur 4 Bulan. Tesis Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Gizi dan Kesehatan. UGM. YogyakartaArikunto. 2009. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aismawati. 2017. Pengaruh penyuluhan terhadap minat ibu dalam pelaksanaan pijat bayi. STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Dewi, Alfi Rosita and, Siti Arifah, S.K p, M.Kes and, Arina Maliya, A.Kep, M.Si.Med (2012). Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Tentang Pijat Bayi Di Kelurahan Wadung Getas Kecamatan Wonosari Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Azwar, S. 2009. Sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta : Renika Cipta
Hidayat, A. Aziz Alimul. 2012. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa Data. Jakarta : Salemba Medika.
Minarti,2013. Pengaruh Pendidikan kesehatan tentang pijat bayi terhadap praktik pijat bayi di polindes Harapan Bunda Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan Teori & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta
Notoatmodjo, S. 2010. Promosi Kesehatan Teori & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta
Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Nursalam. 2015. Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Surabay : Salemba Medika
Riri Khairani. 2017. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Terhadap Terapi Pijat Pada Bayi Di Klinik Bersalin Nurhalma Hasibuan Pasar 10 Tembung. Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan Jurusan Kebidanan Prodi D-IV
Riyanto, Agus. 2011. APlikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. NUha Medika: Yogyakarta.
Roeslin, Utami. 2016. Pedoman Pijat Bayi. PT Trubus Agriwidya. Jakarta
Subakti dan Anggraini, 2009. Keajaiban Pijat Bayi dan Balita. Wahyu Media : Jakarta.
Thulil. Kurrota. 2018. Hubungan pengetahuan ibu tentang pijat bayi terhadap perilaku ibu dalam melakukan pijat bayi secara mandiri di Desa Cweng Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang
Wawan, A dan Dewi M, 2011. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika
Yuliana Dkk, 2013. Teknik-teknik Tepat memijat Bayi Sendiri Panduan Lengkap dan Uraian Kemanfaatannya. Jogjakarta: Diva Press
Published
2023-05-20
How to Cite
SITUMORANG, R., & PUTRI, Y. (2023). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP MINAT IBU DALAM PIJAT BAYI DI BPM BIDAN IDA LAILA KOTA BENGKULU. Journal Of Midwifery, 11(1), 115-124. https://doi.org/10.37676/jm.v11i1.4439
Section
Articles