HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PENGGUNAAN PARTOGRAF PADA BIDAN DI WILAYAH KOTA BENGKULU

  • SYAMI YULIANTI PRODI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA FAKULTAS ILMU KESEHATAN, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
  • TAUFIANIE ROSSITA PRODI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA FAKULTAS ILMU KESEHATAN, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
  • YESI PUTRI PRODI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA FAKULTAS ILMU KESEHATAN, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
Keywords: Bidan, Partograf, Pengetahuan

Abstract

 

Pendahuluan: Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan salah satu indikator derajat kesehatan. Masalah kematian dan kesakitan ibu di Indonesia masih merupakan masalah besar, sehingga pelayanan kesehatan ibu dan anak menjadi prioritas utama dalam pembangunan kesehatan di Indonesia. Dalam pertolongan persalinan normal partograf sangat diperlukan untuk memantau kemajuan persalinan, sehingga bila ditemukan komplikasi dalam persalinan dapat segera diatasi. Namun kenyataan di lapangan penggunaan partograf oleh bidan masih kurang tepat bahkan masih ada bidan yang tidak menggunakan partograf saat proses persalinan hingga setelah proses persalian (proses observasi pasca persalinan. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain studi cross sectional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga jumlah seluruh sampel adalah 31 responden. Data informasi responden berupa pengetahuan mengenai partograf dan aplikasi penggunaan partograf dalam menolong persalinan menggunakan kuisioner. Data dianalisis dengan metode deskriptif analitik untuk melihat hubungan pengetahuan dengan penggunaan partograf pada bidan menggunakan uji chi square. Hasil dan Pembahasan: Hasil uji univariat didapatkan 61,3% responden dengan pengetahuan sedang dan menggunakan partograf dengan tidak tepat, uji bivariat didapatkan P value 0,003. Kesimpulan: ada hubungan antara pengetahuan dengan penggunaan partograf pada bidan di wilayah kota bengkulu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. 2008. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2007. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Dona S, DKK. 2017. Hubungan Sikap dan Masa Kerja Bidan dengan Penggunaan Partograf di Wilayah Kerja Puskesmas Pekauman Banjarmasin. Dinamika Kesehatan, Vol. 8 No. 1.
Kemenkes RI (2017). Profil Kesehatan Indonesia 2016.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Petunjuk Teknis Jaminan Persalinan. Jakarta, 2011
Nurjasmi, Dr. Emi. 2016. Buku Acuan Midwifery Update. Cetakan Pertama. Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia. Jakarta.
Prawirohardjo, Sarwono. 2010. Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo. Edisi 4. Cetakan 3. PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. Jakarta.
Published
2022-10-19
How to Cite
YULIANTI, S., ROSSITA, T., & PUTRI, Y. (2022). HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PENGGUNAAN PARTOGRAF PADA BIDAN DI WILAYAH KOTA BENGKULU. Journal Of Midwifery, 10(2), 142-146. https://doi.org/10.37676/jm.v10i2.3270
Section
Articles