PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK USIA 3-5 TAHUN PUSKESMAS SIKAP DALAM KABUPATEN EMPAT LAWANG TAHUN 2022

  • WULAN DARI ARPAN PRODI KEBIDANAN, POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTRIAN KESEHATAN BENGKULU
  • YENNI PUSPITA PRODI KEBIDANAN, POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTRIAN KESEHATAN BENGKULU
  • LYDIA FEBRINA PRODI KEBIDANAN, POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTRIAN KESEHATAN BENGKULU
  • INDAH FITRI ANDINI PRODI KEBIDANAN, POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTRIAN KESEHATAN BENGKULU
  • KURNIYATI KURNIYATI PRODI KEBIDANAN, POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTRIAN KESEHATAN BENGKULU
Keywords: Puzzle, Perkembangan Personal Sosial, Stimulasi

Abstract

Pendahuluan: Pada tahun 2019 gangguan perkembangan anak di dunia sebanyak 5-25% anak yang menderita gangguan perkembangan tergolong dalam masalah kesehatan yang tinggi. Gangguan perkembangan di Indonesia sebanyak 0,4 juta (16%) sedangkan menurut riset kesehatan dasar (RISKESDAS) tahun 2018 melaporkan perkembangan sosial emosional anak pada usia 36-59 bulan Indonesia meningkat menjadi 69,9%. Tujuan Penelitian ini untuk melihat pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan personal sosial anak usia 3-5 tahun Puskesmas Sikap dalam Kabupaten Empat Lawang Tahun 2022. Metode:Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan rancangan pre-test-post-test, Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 36 orang anakyang terdiri dari 18 kelompokintervensidan 18 kelompokkontrol. Penilaian dengan menggunakan lembar instrumen DENVER II yang diambil aspek pengukuran personal sosial. Untuk mengetahui perbedaan perkembangan personal sosial pre dan post test menggunakan uji wilcoxon, untuk melihat pengaruh padakelompokintervensipuzzleterhadapperkembangan personal sosialdengan menggunakan uji man whitney tidak berpasangan. Hasil pembahasan: setelah dilakukan analisa statistik diperoleh ρ value sebesar 0,000 (ρ<0.05) artinya ada pengaruh puzzle terhadap perkembangan personal sosial anak usia 3-5 tahun. Kesimpulan: Kesimpulan pada peneltian ini ada peningkatan perkembangan personal sosial anak setelah diberikan intervensi permainan puzzle.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani A, Yosoprawoto M. Usia Anak dan Pendidikan Ibu sebagai Faktor Risiko Gangguan Perkembangan Anak. J Kedokt Brawijaya. 2012;27(2):118-121. doi:10.21776/ub.jkb.2012.027.02.13
Farahdea S. Hubungan Pola Asah, Asih, Dan Asuh Dengan Pertumbuhan Dan Perkembangan Balita Di Kelurahan Mulyorejo Surabaya. UNAIR; 2020.
Fitriahadi E, Priskila Y. Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Tinggede, Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah Indonesia. 2020;13(2):183-191.
Kemenkes RI. Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehat RI. 2018;53(9):1689-1699.
Kementrian Kesehatan. Profil Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Pelambang. Dinkes Palembang; 2016.
Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia. Kemenkes RI; 2018. doi:10.1080/09505438809526230
Khoiruddin MA. Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. J Pemikir Keislam. 2018;29(2):425-438. doi:10.33367/tribakti.v29i2.624
Kusumaningtyas K, Wayanti S. Faktor Pendapatan Dan Pendidikan Keluarga Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun. J Involusi Kebidanan. 2018;VII(2011):46-51.
Nursalam. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Salemba Medika; 2021.
Nurwita S. Pemanfaatan Media Puzzle Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di PAUD Aiza Kabupaten Kepahiang. J Pendidik Tambusai. 2019; 3(4): 808.
Pratiwi WI. PENGARUH PLAYGROUP TERHADAP PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK PRASEKOLAH. UMS; 2018. doi:10.31539/jks.v2i1.341
Purnama U. HUBUNGAN ANTARA STATUS IBU BEKERJA ATAU IBU TIDAK BEKERJA DENGAN STATUS GIZI ANAK BALITA DI KECAMATAN MEDAN TEMBUNG. 2012.
Sambo CM. Merangsang Perkembangan Personal Sosial Bayi. IDAI. Published 2016. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/merangsang-perkembangan-personal-sosial-bayi
Setyaningsih TSA, Wahyuni H. STIMULASI PERMAINAN PUZZLE BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH. J Keperawatan Silampari. 2018; 1(2): 62-77. doi:https://doi.org/10.31539/jks.v1i2.9
Suhartanti I, Rufaida Z, Setyowati W, Ariyanti FW. Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Pra Sekolah.; 2019.
Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak. EGC; 2014.
WHO. early childhood development. WHO.
Wardhani RK, Jaya ST, Fauziyah N. HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK. J Ilm. 2019;1(1): 38-43.
Yuliastanti T, Nurhidayati. Pola Asuh dan Perkembangan Sosial Anak Toddler. J Komun Kesehat. 2020;3(4):1-5.
Yuniati E, Nurullita D. Penerapan Alat Permainan Edukatif Jenis Puzzle terhadap Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah. J tscners. 2021;6(July):1-23.
Yanti E, Fridalni N. Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Anak Usia Prasekolah. J Kesehat Med Santika. 2020;7(2):108-113. http://www.jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/medika/article/view/761
Yasbianti, Gandana. Alat Permaianan Edukatif Anak Usia Dini. Ksatria Siliwangi; 2019.
Published
2022-10-19
How to Cite
ARPAN, W., PUSPITA, Y., FEBRINA, L., ANDINI, I., & KURNIYATI, K. (2022). PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK USIA 3-5 TAHUN PUSKESMAS SIKAP DALAM KABUPATEN EMPAT LAWANG TAHUN 2022. Journal Of Midwifery, 10(2), 27-36. https://doi.org/10.37676/jm.v10i2.3249
Section
Articles