HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN IBU DALAM PEMBERIAN IMUNISASI PENTAVALEN DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI ROSMIATI, SST KOTA BENGKULU TAHUN 2020

  • MEPI SULASTRI PROGRAM STUDI KEBIDANAN, FAKULTAS ILMU KESEHATAN, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
  • YATRI HILINTI PROGRAM STUDI KEBIDANAN, FAKULTAS ILMU KESEHATAN, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
Keywords: Tingkat Pengetahuan Imunisasi Pentavalent, Kepatuhan

Abstract

Imunisasi pentavalen dilakukan serentak di Indonesia pada Februari 2014, termasuk di kota Bengkulu. Cakupan imunisasi di kota Bengkulu adalah 65,3% yang tidak memenuhi UCI (Universal Coverage Imunization) yaitu cakupan imunisasi lengkap minimal 80% sehingga peran ibu penting dalam mempengaruhi praktik imunisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan kepatuhan imunisasi pentavalen di Puskesmas Rosmiati SST Kota Bengkulu tahun 2019.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah ibu dengan bayi usia 4-6 bulan yang melakukan imunisasi pentavalen dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan di BPM Rosmiati, SST. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square.Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar ibu yang memiliki pengetahuan tentang imunisasi pentavalen dalam kategori cukup berjumlah 48 orang (54,5%). Sebagian besar ibu yang rutin datang untuk imunisasi berjumlah 61 orang (69,3%). Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu dengan kepatuhan ibu terhadap imunisasi dengan pentavalent p value (0,000<0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin. (2011). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pentingnya Imunisasi Dasar dengan Kepatuhan Melaksanakan Imunisasi di BPS Hj. Umi Salamah di desa Kauman, Peterongan, Jombang, tahun 2011. Prosiding Sminas Competitive Advantage, Vol 1, No. 2.
Astinah; Hasbullah, S; Muzakir. H. (2013). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Ibu Pada Pemberian Imunisasi Dasar di Posyandu Teratai 11b di Wilayah Kerja Puskesmas Tamamaung Makassar. E – library STIKES Nani Hasanuddin Makassar. Vol 2 No. 6.
Azizah, N; Suryati, Rahmawati, VE. (2011). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pentingnya Imunisasi Dasar Dengan Kepatuhan Melaksanakan Imunisasi di BPS Hj. Umi Salamah di Desa Kauman, Peterongan, Jombang. Jombang : Prodi D-III UNIPDU Dahlan S. (2011). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan : Deskriptif, Bivariat, dan Multivariat. Jakarta : Salemba Empat.
Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. (2013). Petunjuk Teknis Introduksi Imunisasi DPT – HB – Hib (Pentavalen) Pada Bayi dan Pelaksanaan Imunisasi Lanjutan Pada Anak Balita. Bengkulu : Dinkes Kota Bengkulu.
Ismet, F. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan ImunisasiDasar Lengkap Pada Balita di Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Keperawatan UNG. Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo.
Lestari, RI dan Masruroh. (2012). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang ImunisasiDasar Lengkap Dengan Praktik Imunisasi Dasar Lengkap Bayinya DiWilayah Kerja Puskesmas Pegandon Kec. Pegandon kab. Kendal. JurnalIlmiah Kesehatan Akbid Uniska Kendal. Edisi Ke-2 Tahun 2012.
Published
2022-05-26
How to Cite
SULASTRI, M., & HILINTI, Y. (2022). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN IBU DALAM PEMBERIAN IMUNISASI PENTAVALEN DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI ROSMIATI, SST KOTA BENGKULU TAHUN 2020. Journal Of Midwifery, 10(1), 71-76. https://doi.org/10.37676/jm.v10i1.2322
Section
Articles