PENGARUH MODUL ASUHAN PERSALINAN KALA III DENGAN METODE PRECEPTORSHIP TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA DIII KEBIDANAN
Abstract
Pendahuluan: suatu bahan ajar yang dibuat untuk dapat digunakan oleh mahasiswa dalam proses belajar mandiri disebut dengan modul. Keterampilan mahasiswa yang rendah akan berpengaruh pada kualitas lulusan, salah satunya pada keterampilan dalam memberikan asuhan persalinan kala III. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh modul asuhan persalinan kala III terhadap keterampilan mahasiswa DIII Kebidanan. Metode: Desain penelitian yang digunakan yaitu quasy eksperiment dengan menggunakan rancangan pre-posttest design, Besaran sampel dalam penelitian ini yaitu 94 orang mahasiswa semester IIIAKBID Pelamonia Kesdam VII Wirabuana Makassar dilakukan sejak bulan November hingga Desember 2019. Keterampilan diukur sebanyak 2 kali yaitu sebelum dan setelah dilakukan pembelajaran praktikum dengan metode demonstrasi sebanyak 3 kali pertemuan selama 2x60 menit/pertemuan. Setiap pertemuan diberikan selang waktu selama 7 hari untuk pertemuan selanjutnya. Data yang didapatkan tersebut kemudian dianalisis menggunakan Uji chi square dan Mann-Whitney Hasil dan Pembahasan: hasil yang didapatkan adalah terbitnya modul asuhan persalinan kala III sebagai panduan bagi mahasiswa DIII Kebidanan. Dari hasil analisis didapatkan pembelajaran pada kelompok modul asuhan persalinan kala III lebih baik meningkatkan keterampilan saat memberikan asuhan bayi baru lahir, melakukan manajemen aktif kala III dan melakukan pemantauan perdarahan. Peningkatan keterampilan kelompok modul dengan metode demonstrasi yaitu 52,1%, 60,4%, 43,7%. Kesimpulan: Modul Asuhan Persalinan kala III lebih baik dalam membantu meningkatkan keterampilan mahasiswa melakukan asuhan persalinan kala III dibandingkan dengan kelompok pembelajaran tanpa menggunakan modul.