EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT PADA PELAJARAN TIK DI MAS MAMBAUL ULUM BENGKULU TENGAH

  • Intan Permata Bunda Universitas Dehasen
  • Fadlul Amdhi Yul Universitas Dehasen
Keywords: Efektivitas, Media PowerPoint, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis power point pelajaran TIK di kelas X IPS MAS Mambaul Ulum Bengkulu Tengah, (2) untuk mengetahui problematika penggunaan media pembelajaran berbasis power point pelajaran TIK dikelas X IPS MAS Mambaul Ulum Bengkulu Tengah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kancah (field research). Penelitian ini dilakukan di MAS Mambaul Ulum Bengkulu Tengah dengan jenis penelitian kualitatif karena penelitian ini lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati, dengan menggunakan logika ilmiah.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Pada penelitian ini kelas X IPS sebagai kelas yang diajar menggunakan media pembelajaran berbasis power point. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Obeservasi, Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif.

(1) Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis power point pada pelajaran TIK di MAS Mambaul Ulum Bengkulu Tengah, penggunaan media power point dalam pembelajaran TIK di MAS Mambaul Ulum Bengkulu tengah dikategorikan sudah efektif, dikatakan sudah efektif dengan penggunaan power point terkhusus guru TIK telah memanfaatkan media dan fasilitas sekolah dengan baik. (2) Problematika penggunaan media power point pada pembelajaran TIK memiliki keterbatasan pada waktu jam pelajaran yang singkat untuk mengajar, namun keterbatasan waktu dapat diatasi dengan menyiapkan media pada saat jam pelajaran belum dimulai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2012). Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran.
Agus Eko Sujianto, Aplikasi Statstitik dengan SPSS (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2009)
Anas Sudijono, Pengantara Evaluasi Pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007)
Arham, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran.
Damayanti, R., & Aeni, T. (2016). Efektivitas konseling behavioral dengan teknik modeling untuk mengatasi perilaku agresif pada peserta didik kelas viii b smp negeri 07 bandar lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(1), 1-10.
Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2017). Youtube sebagai sarana komunikasi bagi komunitas makassarvidgram. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Humairah, H., & Awaru, A. O. T. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS Di Madrasah Alyiah Buntu Barana Kabupaten Enrekang. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan.
Jaedun, A. (2011). Metodologi penelitian eksperimen. Fakultas Teknik UNY, 12.
Lusi Widayanti Widodo, “Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIIA MTS Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013”, dalam Jurnal Fisika Indonesia Vol. XVII No. 49, (April, 2013)
Moh. Pabundu Tika, Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan (Jakarta: Bumi Aksara, 2014),
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar (Jakarta: Bumi Aksara, 2011),
Prajitno, S. B. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif. Jurnal. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.(tersedia di http://komunikasi. uinsgd. ac. id).
Purbawanto, S. (2020). Media Transmisi Telekomunikasi. Deepublish.
Rhamadani, F. A. (2021). Efektivitas penggunaan media video Youtube dalampembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III B MINU Ngingas Waru Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Rohani, R. (2019). Media pembelajaran. Simamora, N. R. H., & Kep, M. (2009). Buku ajar pendidikan dalam keperawatan. EGC. Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2), 204-209.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik.
Setiyana, F. N., & Kusuma, A. B. (2021). Potensi Pemanfaatan Youtube dalam Pembelajaran Matematika. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2015
Tutiasri, R. P., Laminto, N. K., & Nazri, K. (2020). Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan
Published
2023-07-30
How to Cite
Bunda, I., & Yul, F. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT PADA PELAJARAN TIK DI MAS MAMBAUL ULUM BENGKULU TENGAH. Journal Of Dehasen Educational Review, 4(02), 167-172. https://doi.org/10.33258/joder.v4i02.3708

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>