PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI DAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU

  • Wellen Aleza Universitas Dehasen
  • Yenni Fitria Universitas Dehasen
  • Fadlul Amdhi Yul Universitas Dehasen
Keywords: Metode Resitasi, Metode Konvensional, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui Perbandingan Metode Pembelajaran Resitasi Dan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan statistik dalam menganalisis data, serta data yang didapatkan yaitu berupa angka- angka. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quast eksperiment) dengan desain penelitian yaitu One-Group Pretest-Posttest dengan membandingkan nilai pembelajaran dengan metode ceramah atau sebelum diberi perlakuan (pretest) dengan nilai setelah diberi perlakuan (posttest). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes.

Hasil penelitian : Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu, kelas kontrol nilai prettest 55,27 sedangkan posttets 66,80 selisih kedua nilai kelas kontrol yaitu 11,53 yang artinya nilai tesebut meningkat. Dan untuk kelas ekspiremen nilai prettest 66,66 sedangkan nilai posttest 84,58 selisih kedua nilai kelas ekspiremen yaitu 17,92 yang artinya nilaiĀ  tersebut menngalami peningkatan. hasil pengujian hipotesis dengan memperoleh nilai Ha = Nilai Signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi dan metode konvensional menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pembelajaran dasar-dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-07