PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA INSTALASI JARINGAN LOCAL AREA NETWORK (LAN) KELAS X TKJ SMKN 2 BENGKULU TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran instalasi jaringan loacal area network kelas X TKJ SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah dengan penerapan model pembelajaran direct instruction. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil pretest dan posttest, analisis keaktifan siswa mengalami peningkatan hasil belajar, yaitu nilai rata-rata siswa dari 80,4. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan model direct instruction dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu dengan cara memberi motivasi siswa untuk berani bertanya, memindahkan posisi tempat duduk siswa. 2) Penerapan model direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara permainan lempar bola kertas dengan siswa membentuk sebuah kelompok untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan kemampuan siswa karena setiap siswa mempunyai daya tangkap yang berbeda, jadi ada siswa yang perlu waktu lebih untuk belajar agar mengerti dan paham, memberi motivasi dan banyak berlatih untuk mengerjakan soal latihan.
Downloads
Copyright (c) 2023 Computer and Informatics Education Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.