Analisis Service Excellent Khatulistiwa72 Wedding dalam Menangani Keluhan Klien
Abstract
Wedding Organizer merupakan salah satu penyedia jasa pernikahan yang saat ini banyak digandrungi oleh masyarakat luas. Di Bandung sendiri, Khatulistiwa72 wedding menjadi salah satu penyedia jasa yang memiliki eksistensi cukup tinggi. Pelayanan yang mereka berikan selalu mengedapankan royalitas dan mengutamakan kepuasan klien, dengan tagline “celebrate your special day from set up to clean up”. Namun, masalah yang sering kali dihadapi adalah keluhan dari klien yang merasa tidak puas akan kinerja yang sudah disuguhkan oleh Khatulistiwa72 wedding. Hal tersebut disebabkan oleh adanya ketidaksepahaman antara Khatulistiwa72 wedding dengan klien dalam pendeskripsian acara. Artikel atau tulisan ini bertujuan untuk mengetahui cara penanganan keluhan yang dilakukan oleh Khatulistiwa72 wedding dengan menggunakan service excellent yang mereka miliki. Masalah difokuskan pada bagaimana Khatulistiwa72 wedding melakukan penanganan terhadap keluhan kliennya. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori Relationship Marketing. Data-data dikumpulkan melalui observasi dan juga wawancara narasumber berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan dan dianalisis secara kualitatif. Kajian ini menyimpulkan bahwa service excellent tetap mereka utamakan dalam menangani keluhan klien, dengan cara memberikan kesempatan klien untuk menyampaikan keluhannya, kemudian keluhan tersebut mereka jadikan sebagai bahan evaluasi untuk kinerja selanjutnya dan mengupayakan agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali.
Downloads
Copyright (c) 2023 Mugni Ramdani, Rita Herlina, Eli Susana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.