PANDUAN PENULIS

Petunjuk Penulisan Profesional: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Administrasi Publik

  1. Perkenalan

Profesional: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Administrasi Publik sudah memiliki ISSN : 2722-371X  (online); ISSN : 2407-2087 (print) ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas serta menyebarkan kajian Ilmu Komunikasi dan Administrasi Publik, sekaligus sebagai media komunikasi antara cendekiawan, praktisi, mahasiswa dan para pemerhati dalam bidang keilmuan Komunikasi dan Administrasi Publik. jurnal diterbitkan dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember).

Dewan editorial Profesional: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Administrasi Publik mengundang Anda untuk mengirimkan naskah Anda untuk diterbitkan dalam jurnal ini. Contoh penulisan format artikel adalah SINI.

 2. Cara Menulis Judul, Nama, dan Alamat Penulis

 Judul naskah harus ditulis di bagian atas halaman pertama. Sementara itu, nama penulis (tanpa gelar akademis), dan alamat afiliasi penulis, harus ditulis dengan perataan teks tengah juga di bawah judul artikel. Penulis harus memberikan dua spasi antara judul dan nama penulis. Kemudian, jarak antara alamat afiliasi penulis dan judul abstrak adalah satu spasi dibawah garis. Kata kunci harus ditulis di kolom kiri abstrak keseluruhan untuk semua kata minimal 3 kata maksimal 5 kata. Mereka harus disusun dalam urutan abjad dan dipisahkan oleh titik koma secara maksimal tiga hingga lima kata. 

Penulis yang bertanggung jawab, penulis korespondensi, atau penulis yang sesuai harus ditulis pertama dan kemudian diikuti oleh yang kedua, ketiga, dan seterusnya. Komunikasi mengenai revisi artikel dan pernyataan akhir akan diinformasikan melalui email ke penulis korespondensi saja. Jika ada lebih dari satu penulis, nama penulis harus ditulis secara terpisah dengan koma (,). Jika nama penulis terdiri dari setidaknya dua kata, nama pertama tidak boleh dikompensasi. Jika nama-nama penulis hanya satu kata, itu harus ditulis seperti itu. Namun, dalam versi online itu akan ditulis dalam dua kata dengan nama yang sama berulang kali untuk tujuan pengindeksan metadata.

 

3. Panduan Umum Manuskrip

 Pedoman umum naskah manuskrip adalah sebagai berikut:

 Naskah adalah hasil penelitian otentik yang belum dipublikasikan di media publikasi lain atau penerbit.

  1. Naskah harus ditulis dalam bahasa Indonesia sebagai bahasa standar. Naskah harus ditulis sesuai template artikel. Artikel ditulis pada kertas ukuran A4 (210x297 mm), dengan margin khusus sebagai berikut: kiri 25 mm, kanan 20 mm, bawah 25 mm dan atas 25 mm, font tema Arial, ukuran font 10pt, dan 1 baris- jarak.
  2. Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word pada kertas A4, sekitar 5.000-6.000 kata termasuk angka, tabel dan referensi.
  3. Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme apa pun. Dewan editorial akan langsung menolak teks yang menunjukkan plagiarisme. Kami menggunakan perangkat lunak plagiarisme untuk memeriksa naskah Anda.
  4. Naskah yang telah ditulis di bawah pedoman JANE (Jurnal Administrasi Negara) (dalam format MS Word, gunakan artikel template ini) harus disampaikan melalui Sistem Penyampaian online menggunakan Open Journal System (OJS) di portal Profesional: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Administrasi Publik ( https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof ) hanya memilih satu prosedur. Kemudian, daftar sebagai salah satu penulis atau pemeriksa di bagian “Daftar”.
  5. Pedoman dan template penulisan artikel manuskrip dapat diunduh. Template dan panduan penulisan artikel tersedia dalam format MS Word (.doc).
  6. Naskah penyampaian online dapat dilihat di bagian dari pedoman pengiriman online di bawah ini.
  7. Naskah yang tidak sesuai dengan pedoman penulisan Profesional: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Administrasi Publik akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses peninjauan.
  8. Naskah harus berisi beberapa aspek dari sebuah artikel ilmiah sebagai berikut: (sub judul sebagai urutan), yaitu: (a) judul artikel, (b) nama penulis (tanpa gelar akademik), (c) penulis berafiliasi ini alamat, (d) email penulis (e) abstrak dan kata kunci, (f) pendahuluan, (g) metode penelitian, (h) Pemahasan dan Temuan, (i) kesimpulan, (j) Daftara Pustaka.
  9. Sub judul yang termasuk dalam bagian diskusi (Pendahuluan, Metode Penelitian, Pemahasan dan Temuan, dan Keimpulan) tidak boleh diberi nomor. Subjudul ditulis dalam format huruf tebal dan judul, menggunakan perataan teks tengah tanpa garis bawah. Sub judul yang diperluas berikutnya harus ditulis dalam format huruf tebal dan kalimat, harus menggunakan penjajaran teks kiri dan format penomoran tingkat dua.
  10. Kata-kata dari bahasa asing dinyatakan dalam format Italic. Setiap paragraf mulai 10mm dari perbatasan sisi kiri sementara tidak ada spasi di antara paragraf. Semua nomor ditulis dalam format penomoran bahasa Arab, kecuali untuk kalimat baru.
  11. Tabel dan gambar ditempatkan dalam grup teks setelah tabel atau gambar yang direferensikan. Setiap gambar harus diberi keterangan dan sumber (Keterangan Gambar) di bawah gambar dan diberi nomor dalam format penomoran bahasa Arab diikuti dengan judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel (Table Caption) dan diberi nomor dalam format penomoran bahasa Arab di atas tabel diikuti dengan judul tabel dan sumber di bawah tabel. Lampiran gambar harus dijamin bahwa mereka dapat dicetak dengan baik dalam tinta hitam dan putih (ukuran font, resolusi dan ruang garis yang jelas terlihat). Gambar, tabel, dan bagan harus ditempatkan di pusat antara grup teks. Jika memiliki ukuran lebih besar, dapat ditempatkan di tengah halaman. Tabel tidak boleh berisi garis vertikal, sementara garis horizontal hanya diperbolehkan untuk titik penting.

 4. Pedoman untuk Teks Tubuh Naskah

Judul naskah: Judul harus informatif dan ditulis dengan singkat dan jelas. Itu tidak bisa beragam tafsir. Itu harus tepat dengan masalah yang akan dibahas. Kata awal ditulis dalam huruf kapital dan simetris. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak lazim. Ide utama harus ditulis pertama dan diikuti kemudian oleh penjelasannya. Judul artikel harus ditulis dalam dua belas kata, font berukuran 14pt, dengan pilihan tebal dan dalam format teks tengah.

Abstract: Ketik abstrak bahasa inggris di sini. Isi abstract atau abstrak menggunakan font Arial 8. Abstrak terdiri atas: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah. Isi abstrak bahasa inggris maksimal 200 kata.

 Key word: minimal 3 kata, maksimal 5 kata

Pendahuluan: Isi pendahuluan adalah hal mendasar atau urgensi permasalahan yang melatarbelakangi ditulisnya kajian/penelitian, ditulis dengan fonta Arial 10. Kemutakhiran pustaka rujukan orisinalitas atau novelty maksimal 8 tahun terakhir.

Metode Penelitian: Isi metode kajian adalah teknik pengumpulan data, sumber data, cara analisis data, uji korelasi, dan sebagainya, ditulis dengan fonta Arial 10. Dalam bab ini dapat juga dicantumkan rumus ilmiah yang digunakan untuk analisis data/uji korelasi.

Pemahasan dan Temuan: Bahasan utama berisi Pemahasan dan Temuan, ditulis dengan fonta Arial 10. Hasil bukan merupakan data mentah, melainkan data yang sudah diolah/dianalisis dengan metode yang telah ditetapkan. Pembahasan adalah perbandingan hasil yang diperoleh dengan konsep/teori yang ada dalam tinjauan pustaka. Isi hasil dan pembahasan mencakup pernyataan, tabel, gambar, diagram, grafik, sketsa, dan sebagainya.

Tabel dan gambar maksimal 6 disertai dengan nama tabel dan gambar serta pula terdapat sumber-sumber tersebut

 Kesimpulan

Isi kesimpulan ditulis Arial 10. Kesimpulan merupakan ikhtisar dari penelitian yang telah dilakukan. Kesimpulan bukan merupakan ringkasan dari hasil pembahasan yang mengacu pada teori tertentu, tetapi hasil dari analisis/uji korelasi data yang dibahas.

5. Panduan untuk Kutipan dan Referensi

Semua data atau kutipan yang disajikan dalam artikel yang diambil dari artikel penulis lain harus melampirkan sumber referensi. Referensi harus menggunakan manajemen aplikasi referensi seperti Mendeley. Format penulisan yang digunakan dalam Profesional: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Administrasi Publik mengikuti format yang diterapkan oleh APA 6th Edition (American Psychological Association). Setiap naskah memiliki minimal 20 rujukan yang 60 persen diantaranya adalah rujukan primer dan diambil delapan tahun terakhir. 

6. Pedoman Naskah Naskah Online

Naskah naskah harus diserahkan oleh salah satu dari dua sistem (prosedur kedua lebih disukai):

Dokumen ini harus diserahkan oleh Sistem Pengajuan Online di portal Jurnal E-journal Profesional: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Administrasi Publik di sini.

  1. Pertama, penulis harus mendaftar baik sebagai penulis atau reviewer (memeriksa peran sebagai penulis atau reviewer) di "Daftar" atau SINI.
  2. Setelah langkah pendaftaran selesai, masuk sebagai penulis, klik di "Pengajuan Baru". Tahap pengiriman artikel terdiri dari lima tahap, seperti: (1). Mulai, (2). Upload Submission, (3). Masukkan Metadata, (4). Unggah File Tambahan, (5). Konfirmasi.
  3. Di kolom "Mulai", pilih Bagian Jurnal (Artikel Lengkap), periksa semua daftar periksa.
  4. Di Kolom "Pengunggahan Unggahan", unggah file manuskrip dalam format MS Word di kolom ini.
  5. Di kolom "Masukkan Metadata", isi dengan semua data penulis dan afiliasi. Termasuk Judul Jurnal, Abstrak, dan Kata Kunci Pengindeksan.
  6. Di kolom "Upload Supplementary Files", penulis diperbolehkan untuk mengunggah file tambahan, surat pernyataan, atau yang lainnya.
  7. Di kolom "Konfirmasi", jika data yang Anda masukkan sudah benar, klik "Selesai Pengajuan".

Jika penulis mengalami kesulitan dalam proses pengiriman melalui sistem online, silakan hubungi tim editorial Profesional: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Administrasi Publik di jurnaldehasen@unived.ac.id.